Membuat Cetakan Soft Froggy dari Resin


Soft Frog merupakan umpan mainan atau umpan palsu dari karet yang paling digemari oleh para pemancing. Salah satu keunggulannya adalah tidak mudah tersangkut saat casting. Walau tidak mudah tersangkut tidak sedikit pula yang SF nya tersangkut karena berbagai hal. Paling tidak jika ingin casting kita membawa 3 buah SF, sebagai antisipasi jika SF kita sangkut atau istilah dikalangan angler disebut nyajen. Harga SF bervariasi yang termurah 20 ribu hingga 100ribuan. Nah bagaimana jika kehabisan SF, mau beli terus bisa bangkrut donk.

Untuk mengantisipasinya banyak angler yang membuat sendiri Soft Frog baik dari bahan lateks maupun lem kaca. Untuk membuat SF tentunya dibutuhkan cetakan. Cetakan bisa kita buat sendiri dari berbagai bahan seperti kayu, semen, ataupun resin. Pada artikel terdahulu sudah kami buatkan tutorial cara membuat cetakan SF dari semen dan cetakan SF dari kayu. Kali ini admin akan berbagi cara membuat cetakan Soft Frog dari bahan resin.

Apa itu resin? Bagaimana bentuk dan wujudnya? Berapa harganya? Resin merupakan sejenis cairan kimia yang biasa dipakai para pengrajin kerajinan tangan atau handycraft. Resin pada umumnya berwarna bening atau tembus pandang, dan bisa diwarnai dengan pewarna khusus jika dikehendaki. Toko-toko yang biasa menjual resin adalah di toko-toko bahan kimia, jika tidak ada bisa dicari di toko bahan bangunan. Resin juga banyak dijual di toko online macam tokopedia, bukalapak, shopee dll. Jadi cukup mudah untuk mendapatkan bahan resin ini. Eits jangan lupa, resin biasa dijual sepaket dengan cairan Katalis atau pengeras. Jadi resin plus cairan pengeras wajib ada untuk membuat cetakan SF ini. Harga resin terbilang cukup murah. Harga perkilo atau kurang lebih 1 liter kurang lebih 100 ribuan sudah termasuk katalis. Silakan cari sendiri di google ya....

Membuat Cetakan Soft Froggy dari Resin
Resin dan katalis/pengeras resin

Kembali ke masalah pembuatan cetakan tadi jadi yang admin maksud membuat cetakan soft frog dari resin disini adalah mengkloning dari body kosongan SF yang sudah ada. Jadi kudu disiapkan pula SF. Apakah SF yang dipakai untuk bahan membuat cetakan bisa dipakai kembali? Jangan kuatir, karena SF nya bisa dipakai kembali untuk umpan casting. Asal ikuti cara membuatnya dengan benar.

Body Sf dan wadah kaleng untuk memasukkan resin ke body SF
Gbr 2. Body Sf dan wadah kaleng untuk memasukkan resin ke body SF


Nah langsung saja ya... kita ikuti cara bikin nya.

 Bahan yang disiapkan.
1. Resin secukupnya
2. Pengeras atau katalis
3. Body Soft Frog kosongan
4. Wadah untuk mencampur resin dan katalis
5. Suntikan; jika tidak ada bisa digantikan dengan kaleng aluminium bekas minuman, misalnya bekas minuman bersoda seperti sprite.
6. Tusukan pentol/sate secukupnya.

Langkah pertama, siapkan kosongan SF. Siapkan juga alasnya agar tidak lengket ke lantai, jika kita kerja dalam rumah.

Masukkan Resin secukupnya ke dalam wadah, campurkan beberapa tetes katalis. Aduk pelan hingga merata.

Jika pakai suntikan silakan sedot cairan ke dalam tabung suntik. Jika tidak ada pake kaleng sprite yang sudah dipotong sisakan seperempat bagian bawah. Pencet dan lancipkan salah satu sudut untuk memudahkan saat kita menuang cairan resin ke dalam body SF. Mana yang bagus antara suntikan dengan kaleng? sama aja sih... kalaupun tumpah-tumpah ya sedikit saja. Saya sendiri memakai kaleng aluminium, kalau memakai suntikan jangan pakai jarum suntiknya ya...

Langkah berikutnya masukkan cairan resin yang sudah tercampur dengan katalis ke dalam body SF perlahan-lahan.

Tarus body SF yang sudah diisi cairan resin tadi. Posisi terbalik dan kalau saya agak miring kedepan agar resin tidak meluber/tumpah keluar. Tunggu beberapa menit, cairan resin akan sedikit menyusut. Isi kembali dengan adukan resin tadi. Tunggu lagi, jika menyusut berkurang isi kembali dengan resin tadi. Ulangi hingga cairan resin mengeras. Pengerasan resin dalam bodi SF ditandai dengan rasa panas saat dipegang. Tunggu hingga dingin. Cetakan SF dari Resin siap dilepas dari body SF tadi.

Apakah sudah selesai? Cetakan resin tadi belum bisa dipakai untuk membuat SF. Hal ini dikarenakan Sifat resin yang menyusut. Jadi agak mengecil, jika kita gunakan untuk mencetak SF, tidak sesuai dengan bentuk semula, dalam arti ukurannya tidak pas. Jadi cetakan dari resin tadi kita celup ulang ke dalam cairan resin+katalis. Tentunya larutan yang baru, karena larutan terdahulu sudah pasti mengering dan mengeras. Celup antara 3-4 kali secara tipis diselingi hingga kering. Jadi celupan pertama, keringkan. ulangi hingga 3-4 kali. Jangan lupa, lubangi dengan bor dibagian bawah SF (lubang keluar hook) untuk menusukkan tusukan sate/pentol kemudian lakukan pencelupan  dalam larutan resin tadi.

Berapa lama waktu pengeringan resin? Tergantung komposisi resin dengan katalis. Jika katalis agak dibanyakin tentunya lebih cepat kering. Sebaliknya jika katalisnya kurang, biasanya agak lambat kering dan kalaupun mengeras, biasanya agak lengket saat dilepas dari body SF. Jadi gunakan sesuai aturan aja, sebelum mencampur baca baik-baik aturan penggunaan resin plus katalisnya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah demikian selesai sudah kita membuat cetakan SF dari resin dan cetakan sudah bisa dipakai untuk dicelup ke dalam lateks dan bikin SF yang diinginkan.

cetakan SF dari resin teknik "kloning" yang sudah jadi

mold sf hasil kloningan body sf

Kelebihan cetakan SF dari bahan Resin.

Caranya sangat mudah dan tidak memakan waktu lama
Teknik yang digunakan adalah mengkloning dari body SF yang lain, karena itu cetakan yang jadi hasilnya tidak jauh beda dengan body SF yang kita inginkan.
Awet, bahan tidak mudah rusak atau pecah.

Adapun kekurangannya adalah, saat kita membuat cetakan, biasanya lengket-lengket dan susah untuk dibersihkan.


Catatan dan Kesimpulan
Tahap pertama membuat cetakan dari resin biasanya gagal artinya tidak sesuai dengan yang diharapkan. misalnya berlubang pada cetakan, agak benjol-benjol dlll... ya syukur-syukur kalau langsung bagus. Karena itu jika ingin membuat banyak, belajar sedikit demi sedikit dulu.

Untuk membuat cetakan yang sekaligus banyak tentunya kita perlu body SF yang banyak pula, jadi jika kita sudah membuat cetakan dari resin, maka perbanyak membuat SF. Langkahnya buat cetakan resin lalu dari cetakan yang sudah pas tadi kita buat SF. begitu seterusnya. Saat body SF nya sudah banyak, misalnya 10 buah jadi kita buat cetakan sekaligus.

Sekali lagi mengingatkan, cetakan dari resin yang telah dilepas dari body SF, tidak bisa langsung dipakai, perlu dicelup ulang 3 s/d 4 kali agar saat pembuatan SF sesuai dengan SF yang pertama. Untuk menuang resin ke dalam body SF jika memakai suntikan, bersihkan sisa resin dari suntikan setelah digunakan, karena jika mengeras, suntikan tidak lagi bisa digunakan.

Jika bentuk cetakan yang sudah jadi pengen diubah/dimodifikasi, sobat angler bisa memakai busa styrofoam yang dicairkan dengan bensin. lalu dioleskan ke cetakan resin. (bisa dilihat pada gambar di atas yang ada gelembung udara)
Link copied to clipboard.