Latihan Soal Pretes/UKG IPA SMP
download kumpulan latihan contoh soal ukg utn ulang ppgj sertifikasi guru sergur pretes ukg ipa smp pedagogik profesional
Di bawah ini merupakan contoh soal UKG untuk mata pelajar IPA SMP. Silakan cari pada artikel lain untuk contoh soal pretes bidang studi lainnya.
Silahkan kerjakan soal-soal berikut. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Peserta didik yang berada pada tahap pemikiran operasional formal dari Piaget, salah satu karakteristiknya adalah berpikir lebih logis. Mereka mulai berpikir seperti ilmuwan, membuat rencana pemecahan masalah dan secara sistematis menguji solusinya. Tipe pemikiran ini disebut...
A. penalaran hipotetis deduktif
B. penalaran hipotetis induktif
D. penalaran deduktif-induktif
2. Bu Nurul memberi sanksi edukatif, membimbing dan mengawasi siswanya yang berperilaku tidak bertanggung jawab dan tidak jujur serta kurang menghargai hak-hak orang lain. Hal itu dilakukan mereka agar berperilaku sesuai dengan nilai-nilai moral yang berlaku umum. Perilaku siswa tersebut menurut Kohlberg belum mencapai tingkat perkembangan moral pasca konvensional karena...
A. perilakunya masih dikendalikan oleh faktor eksternal
B. anak patuh karena takut mendapat hukuman dari pihak sekolah
C. anak patuh karena kuatir guru tidak menyukainya
D. perilakunya didasarkan pada nilai-nilai moral kelompok sebayanya
3. Peserta didik pada masa remaja awal cenderung bersifat sensitif dan reaktif yang sangat kuat terhadap berbagai situasi sosial, dan mudah marah/tersinggung atau mudah sedih/murung, perilaku remaja tersebut menunjukkan keadaan...
A. emosi yang memuncak
B. pribadi yang sulit diatur
C. perilaku yang menyimpang
D. remaja yang bermasalah
4. Pada masa remaja terjadi pertumbuhan yang cepat dan perubahan proporsi tubuh yang mencolok. Perubahan proporsi tubuh yang mencolok menyebabkan anak menjadi kaku dan canggung selama beberapa waktu.Perubahan fisik tersebut menyebabkan sikap dan perilaku
A. inkordinasi
B. ingin menyendiri
C. psikomotorik
D. kurang percaya diri
5. Untuk memahami bagaimana caranya mengajar kepada peserta didik pada masa tertentu, dan memahami apa yang harus diberikan kepada peserta didik, maka guru harus memahami...
A. Tahapan dan tugas perkembangan peserta didik
B. Tugas dan variasi perkembangan peserta didik
C. Tugas dan pola perkembangan peserta didik
D. Tahapan dan tempo perkembangan peserta
6. Peserta didik harus memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif , karena selain berpengaruh terhadap prestasi belajar juga berpengaruh terhadap pembentukan...
A. karakter
B. minat belajar
C. motivasi belajar
D. suasana hati
7. Peserta didik yang cenderung selalu lebih cepat dan mudah memahami materi pelajaran dan menyelesaikan tugasnya, dibandingkan dengan teman-temannya, lebih awal dari waktu yang telah ditetapkan, diduga kemampuan inetelektualnya
....
A.di atas rata-rata kelompok sebayanya
B. rata-rata kelompok sebayanya
C. termasuk anak jenius
D. normal sesuai dengan usianya
8. Bu Sisca sedang menganalisis lembar jawab ulangan tengah semester peserta didik yang diduga mengalami kesulitan belajar. Langkah identifikasi masalah yang dilakukan Bu Sisca bertujuan mengetahui ....
A. materi pelajaran yang mengalami kesulitan
B. jenis kesulitan belajar yang dialami peserta didik
C. menandai peserta didik yang mengalami kesulitan belajar
D. mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar
9. Peserta didik yang rajin namun prestasi belajarnya hampir di semua bidang studi di bawah KKM, anak tidak berhasil mencapai tingkat penguasaan yang diperlukan sebagai prasyarat bagi kelanjutan pada tingkat berikutnya, sehingga anak mungkin harus menjadi pengulang. Dari ciri-ciri tersebut
diduga peserta didik termasuk ...
A. anak yang lambat belajar
B. anak yang tidak berprestasi
C. anak yang sulit belajar
D. prestasi anak tidak optimal
10. Prestasi Hana di sebagian besar bidang studi di atas KKM, namun Hana memiliki prestasi belajar yang sangat bagus pada bidang studi IPA. Nilai ulangannya selalu mendekati nilai sempurna Bakat Hani di bidang studi IPA didukung oleh kegemarannya membaca. Apa yang harus dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bakat Hana?
A. memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai bakatnya
B. memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai minatnya
C. menjadikan peserta didik tersebut sebagai pendidik sebaya pada saat pembelajaran kelompok
D. memberikan berbagai tugas mandiri sekaligus melatih keterampilan belajarnya
11. Besaran pokok panjang dapat diturunkan menjadi …
A. volume dan daya
B. volume dan kuat arus listrik
C. luas dan volume
D. luas dan tegangan
12. Sebuah pipa berbentuk silinder berongga dengan diameter dalam 1,6 mm dan diameter luar 2,1 mm. Alat yang tepat untuk mengukur diameter dalam pipa tersebut adalah…
A. Mistar
B. Amperemeter
C. Mikrometer
D. Jangka Sorong
13. Seorang siswa mengukur diameter sebuah lingkaran hasilnya adalah 8,50 cm. Keliling lingkarannya dituliskan menurut aturan angka penting adalah … (π = 3,14).
A. 267 cm
B. 26,7 cm
C. 2,67 cm
D. 0.267 cm
Download Soal Lainnya di bawah ini
14. Tidak ada satu pun individu yang memiliki karakter identik dengan individu lainnya walaupun masih dalam satu spesies. Hal ini menunjukkan adanya keanekaragaman hayati tingkat ….
A. Genetik
B. Jenis
C. Populasi
D. Ekosistem
15. Pada sistem klasifikasi alami, pengelompokan makhluk hidup didasarkan pada....
A. kemanfaatan pada kehidupan manusia
B. karakteristik genetis dari makhluk hidup
C. kecenderungan evolusi karakteristik organisme
A. karakteristik morfologi dan anatomi makhluk hidup
16. Karakter apa yang dapat digunakan untuk membedakan organisme prokariotik dan eukariotik?
A. dinding sel yang bersifat rigid
B. ribosom yang berperan dalam sintesis protein
C. membran internal kompartemen dalam sel
A. materi genetik yang termuat dalam DNA
17. Dari hasil sampling, diketahui ciri-ciri organisme yang ditemukan yaitu:
ï‚· Uniselular
ï‚· Tidak mempunyai membran inti
ï‚· Mempunyai dinding sel
ï‚· Peptidoglikan pada dinding sel tebal
ï‚· Pertumbuhan sel terhambat oleh antibiotik
Berdasarkan ciri-ciri diatas, diduga organisme tersebut adalah ...
A. Fungi
B. Bakteri Gram Negatif
C. Archaebacteria
D. Bakteri Gram Positif
18. Senyawa berikut yang mempunyai nama ferri klorida adalah ….
A. Fe3Cl
B. FeCl3
C. FeCl2
D. Fe2K3
19. Produk manakah yang mengandung senyawa dari magnesium?
A. deodoran
B. obat maag
C. pasta gigi
D. sabun cuci
19. Zat berwujud kristal padat dan berasa manis dicampurkan dengan zat lain berwujud cair, bening dan tidak berasa. Pencampuran tersebut menghasilkan materi berwujud cair, merata dan berasa manis. Materi tersebut adalah ….
A. Unsur
B. Koloid
C. Larutan
D. Senyawa
20. Jika diurutkan dari yang terkecil hingga terbesar, organisasi tingkat populasi terletak...
A. sebelum ekosistem
B. sebelum komunitas
C. setelah individu, sebelum ekosistem
D. setelah komunitas, sebelum biosfer
21. Konsep manakah di bawah ini yang menggambarkan satu kelompok alami, terdiri dari organisme yang berbeda, menghuni suatu lingkungan, saling berinteraksi satu sama lain melalui hubungan makan-dimakan, dan relatif independen dari kelompok lain?
A. Komunitas
B. Populasi
C. Biosfir
D. Ekosistem
22. Manakah pernyataan yang tidak benar tentang jaringan di bawah ini?
A. Mikrovili merupakan bagian dari jaringan saraf
B. Columnar dan Squamous adalah tipe dari jaringan epithel
C. Kolagen merupakan bagian dari matrik ekstraseluler
D. Merupakan kumpulan sel yang memiliki fungsi yang sama
23. Konsep manakah di bawah ini yang menggambarkan satu kelompok alami, terdiri dari organisme yang berbeda, menghuni suatu lingkungan, saling berinteraksi satu sama lain melalui hubungan makan-dimakan, dan relatif independen dari kelompok lain?
A. Komunitas
B. Populasi
C. Biosfir
D. Ekosistem
Silahkan kerjakan soal-soal berikut. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Peserta didik yang berada pada tahap pemikiran operasional formal dari Piaget, salah satu karakteristiknya adalah berpikir lebih logis. Mereka mulai berpikir seperti ilmuwan, membuat rencana pemecahan masalah dan secara sistematis menguji solusinya. Tipe pemikiran ini disebut...
Read Also
B. penalaran hipotetis induktif
C. penalaran sintetis analisis
D. penalaran deduktif-induktif

A. perilakunya masih dikendalikan oleh faktor eksternal
B. anak patuh karena takut mendapat hukuman dari pihak sekolah
C. anak patuh karena kuatir guru tidak menyukainya
D. perilakunya didasarkan pada nilai-nilai moral kelompok sebayanya
3. Peserta didik pada masa remaja awal cenderung bersifat sensitif dan reaktif yang sangat kuat terhadap berbagai situasi sosial, dan mudah marah/tersinggung atau mudah sedih/murung, perilaku remaja tersebut menunjukkan keadaan...
A. emosi yang memuncak
B. pribadi yang sulit diatur
C. perilaku yang menyimpang
D. remaja yang bermasalah
4. Pada masa remaja terjadi pertumbuhan yang cepat dan perubahan proporsi tubuh yang mencolok. Perubahan proporsi tubuh yang mencolok menyebabkan anak menjadi kaku dan canggung selama beberapa waktu.Perubahan fisik tersebut menyebabkan sikap dan perilaku
A. inkordinasi
B. ingin menyendiri
C. psikomotorik
D. kurang percaya diri
5. Untuk memahami bagaimana caranya mengajar kepada peserta didik pada masa tertentu, dan memahami apa yang harus diberikan kepada peserta didik, maka guru harus memahami...
A. Tahapan dan tugas perkembangan peserta didik
B. Tugas dan variasi perkembangan peserta didik
C. Tugas dan pola perkembangan peserta didik
D. Tahapan dan tempo perkembangan peserta
6. Peserta didik harus memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif , karena selain berpengaruh terhadap prestasi belajar juga berpengaruh terhadap pembentukan...
A. karakter
B. minat belajar
C. motivasi belajar
D. suasana hati
7. Peserta didik yang cenderung selalu lebih cepat dan mudah memahami materi pelajaran dan menyelesaikan tugasnya, dibandingkan dengan teman-temannya, lebih awal dari waktu yang telah ditetapkan, diduga kemampuan inetelektualnya
....
A.di atas rata-rata kelompok sebayanya
B. rata-rata kelompok sebayanya
C. termasuk anak jenius
D. normal sesuai dengan usianya
8. Bu Sisca sedang menganalisis lembar jawab ulangan tengah semester peserta didik yang diduga mengalami kesulitan belajar. Langkah identifikasi masalah yang dilakukan Bu Sisca bertujuan mengetahui ....
A. materi pelajaran yang mengalami kesulitan
B. jenis kesulitan belajar yang dialami peserta didik
C. menandai peserta didik yang mengalami kesulitan belajar
D. mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar
9. Peserta didik yang rajin namun prestasi belajarnya hampir di semua bidang studi di bawah KKM, anak tidak berhasil mencapai tingkat penguasaan yang diperlukan sebagai prasyarat bagi kelanjutan pada tingkat berikutnya, sehingga anak mungkin harus menjadi pengulang. Dari ciri-ciri tersebut
diduga peserta didik termasuk ...
A. anak yang lambat belajar
B. anak yang tidak berprestasi
C. anak yang sulit belajar
D. prestasi anak tidak optimal
10. Prestasi Hana di sebagian besar bidang studi di atas KKM, namun Hana memiliki prestasi belajar yang sangat bagus pada bidang studi IPA. Nilai ulangannya selalu mendekati nilai sempurna Bakat Hani di bidang studi IPA didukung oleh kegemarannya membaca. Apa yang harus dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bakat Hana?
A. memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai bakatnya
B. memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai minatnya
C. menjadikan peserta didik tersebut sebagai pendidik sebaya pada saat pembelajaran kelompok
D. memberikan berbagai tugas mandiri sekaligus melatih keterampilan belajarnya
11. Besaran pokok panjang dapat diturunkan menjadi …
A. volume dan daya
B. volume dan kuat arus listrik
C. luas dan volume
D. luas dan tegangan
12. Sebuah pipa berbentuk silinder berongga dengan diameter dalam 1,6 mm dan diameter luar 2,1 mm. Alat yang tepat untuk mengukur diameter dalam pipa tersebut adalah…
A. Mistar
B. Amperemeter
C. Mikrometer
D. Jangka Sorong
13. Seorang siswa mengukur diameter sebuah lingkaran hasilnya adalah 8,50 cm. Keliling lingkarannya dituliskan menurut aturan angka penting adalah … (π = 3,14).
A. 267 cm
B. 26,7 cm
C. 2,67 cm
D. 0.267 cm
Download Soal Lainnya di bawah ini
14. Tidak ada satu pun individu yang memiliki karakter identik dengan individu lainnya walaupun masih dalam satu spesies. Hal ini menunjukkan adanya keanekaragaman hayati tingkat ….
A. Genetik
B. Jenis
C. Populasi
D. Ekosistem
15. Pada sistem klasifikasi alami, pengelompokan makhluk hidup didasarkan pada....
A. kemanfaatan pada kehidupan manusia
B. karakteristik genetis dari makhluk hidup
C. kecenderungan evolusi karakteristik organisme
A. karakteristik morfologi dan anatomi makhluk hidup
16. Karakter apa yang dapat digunakan untuk membedakan organisme prokariotik dan eukariotik?
A. dinding sel yang bersifat rigid
B. ribosom yang berperan dalam sintesis protein
C. membran internal kompartemen dalam sel
A. materi genetik yang termuat dalam DNA
17. Dari hasil sampling, diketahui ciri-ciri organisme yang ditemukan yaitu:
ï‚· Uniselular
ï‚· Tidak mempunyai membran inti
ï‚· Mempunyai dinding sel
ï‚· Peptidoglikan pada dinding sel tebal
ï‚· Pertumbuhan sel terhambat oleh antibiotik
Berdasarkan ciri-ciri diatas, diduga organisme tersebut adalah ...
A. Fungi
B. Bakteri Gram Negatif
C. Archaebacteria
D. Bakteri Gram Positif
18. Senyawa berikut yang mempunyai nama ferri klorida adalah ….
A. Fe3Cl
B. FeCl3
C. FeCl2
D. Fe2K3
19. Produk manakah yang mengandung senyawa dari magnesium?
A. deodoran
B. obat maag
C. pasta gigi
D. sabun cuci
19. Zat berwujud kristal padat dan berasa manis dicampurkan dengan zat lain berwujud cair, bening dan tidak berasa. Pencampuran tersebut menghasilkan materi berwujud cair, merata dan berasa manis. Materi tersebut adalah ….
A. Unsur
B. Koloid
C. Larutan
D. Senyawa
20. Jika diurutkan dari yang terkecil hingga terbesar, organisasi tingkat populasi terletak...
A. sebelum ekosistem
B. sebelum komunitas
C. setelah individu, sebelum ekosistem
D. setelah komunitas, sebelum biosfer
21. Konsep manakah di bawah ini yang menggambarkan satu kelompok alami, terdiri dari organisme yang berbeda, menghuni suatu lingkungan, saling berinteraksi satu sama lain melalui hubungan makan-dimakan, dan relatif independen dari kelompok lain?
A. Komunitas
B. Populasi
C. Biosfir
D. Ekosistem
22. Manakah pernyataan yang tidak benar tentang jaringan di bawah ini?
A. Mikrovili merupakan bagian dari jaringan saraf
B. Columnar dan Squamous adalah tipe dari jaringan epithel
C. Kolagen merupakan bagian dari matrik ekstraseluler
D. Merupakan kumpulan sel yang memiliki fungsi yang sama
23. Konsep manakah di bawah ini yang menggambarkan satu kelompok alami, terdiri dari organisme yang berbeda, menghuni suatu lingkungan, saling berinteraksi satu sama lain melalui hubungan makan-dimakan, dan relatif independen dari kelompok lain?
A. Komunitas
B. Populasi
C. Biosfir
D. Ekosistem