Mau Casting, Pilih Piranti Spinning atau Baitcasting (BC)?

memilih mana yang terbaik antara spinning atau baitcasting tips memilih reel bc atau reel spinning

Secara umum teknik casting yang populer dalam mancing gabus menggunakan 2 jenis piranti yakni spinning dan piranti BC (baitcasting). Mana yang terbaik diantara keduanya? Apa saja perbedaan dan keunggulan serta kekurangan masing-masing? Dalam artikel kali ini akan dibahas hal tersebut, siapa tau rekan calon caster alias gabusser bingung memilih-milih diantara keduanya. Atau masih belum tahu apa itu spinning apa pula itu piranti BC.

A. Piranti Spinning 


Istilah Spinning berasal dari kata Spin bahasa Inggris yang berarti berputar. Spinning maknanya pemintalan. Agak gak nyambung ya kalo dihubungkan dengan dunia mancing. wkwkwk... Ya udah langsung aja ke poin pembicaraan. Jadi yang dimaksud dengan piranti spinning adalah suatu alat memancing yang terdiri dari joran dan reel (penggulung senar). Spinning merupakan satu set alat pancing yang paling banyak dan umum ditemui dan saya yakin rekan angler sering melihatnya walaupun sebelumnya tidak tau istilah tersebut. Udah lihat gambar aja deh.


reel spinning
Spinning Reel
spinning rod joran spinning

Jadi kedua alat diatas yang dinamakan piranti spinning.

Karena digunakan untuk casting (lempar berulang-ulang) biasanya joran terbuat dari bahan carbon berlubang sehingga ringan.

Kelebihan  piranti spinning. 
  • Harga relatif lebih murah jika dibandingkan piranti BC. Reel Spinning bisa dijangkau bagi yang berkantong tipis dari harga 50ribuan tersedia. Harga jorannya pun tidak menguras dompet, dari yang harga termurah 100 ribuan tinggal pilih mau yang merk apa.
  • Bisa dipakai untuk mancing teknik lain seperti mancing dasaran dll. 
Kekurangan spinning untuk casting

Berdasar pengalaman, salah satu kekurangan memakai spinning untuk casting adalah dari aspek ketepatan lemparan serta jauhnya jarak lemparan lure. Jika memakai spinning gulungan benang PE harus pas untuk mencapai posisi lemparan terjauh. Bayangkan jika senar PE kita putus beberapa meter, otomatis akan berkurang dan saat melempar akan terhalang/tersendat hingga mempengaruhi jauhnya lemparan lure. Hal ini pula yang bisa menyebabkan lemparan menjadi kurang akurat, artinya posisi jatuhnya umpan tidak sesuai pada titik yang diinginkan.


B. Piranti Baitcasting (BC)


Sebutan BC atau baitcasting sebenarnya hanya istilah populer saja. Karena casting paling cocok dan pas ya menggunakan set BC ini. Silakan dilihat reel dan joran khusus BC di bawah ini.

reel baitcasting BC
reel baitcasting (BC)
Diatas adalah jenis reel yang khusus digunakan untuk piranti BC. 

rod joran baitcasting
rod n reel BC
Sedangkan gambar diatas adalah joran yang dipasangkan dengan reel BC. Perbedaan mendasar jorang spinning dengan baitcasting terletak pada handle (pegangan) dan ring guide (cincin penahan benang/nilon). Kalau pegangan pada spinning polos saja, sedangkan pegangan joran BC ada tonjolan untuk menahan posisi jari yang berfungsi agar posisi joran mantap alias tidak mudah goyang. Untuk posisi ring guidenya pada spinning semakin dekat dengan reel semakin tinggi atau lebih tinggi dibanding joran BC. Sama dengan joran Spinning, joran BC umumnya terbuat dari bahan carbon yang ringan, kuat namun lentur.

Keutamaan casting menggunakan piranti BC

Angler profesional tentu saja sebagian besar menggunakan piranti BC, mengapa? Hal pertama tentunya dengan menggunakan set BC ini bisa menggunakan berbagai macam teknik seperti teknik sulit skipping yang sulit dilakukan jika menggunakan piranti spinning.
Kebalikan dari kekurangan spinning diatas, walaupun senar pada reel berkurang, tidak otomatis berpengaruh besar terhadap jarak lemparan lure. Misalnya kita pasang 50 meter senar, kemudian terputus 5 - 10 meter tidak berpengaruh apa-apa. Selain itu jika menggunakan piranti BC ketepatan saat melempar dan jatuhnya umpan lebih bagus dibanding piranti spinning.

Kekurangan piranti BC

Tentu saja harganya lebih mahal dibanding spinning, sejauh pengetahuan penulis, harga termurah reel BC sekitar 300ribuan dan jorannya seharga 200ribuan. Jadi bagi yang bermodal tipis, mesti mikir dua kali untuk memakai piranti BC ini.
Dari aspek pemakaian, khususnya pemula akan kesulitan memakai piranti BC untuk casting terutama saat melempar lure. Kebanyakan pemula yang memakai BC pasti menemui yang namanya "backlash" atau senar kusut. Hal ini disebabkan karena teknik melempar yang salah serta setting reel yang kurang pas. Mereka yang sudah pengalaman pun tidak jarang mengalami hal ini, biasanya sih gara-gara umpan tersangkut di pepohonan atau ranting di belakang pemancing. Dari segi waktu hal ini tentu saja merugikan, karena banyak waktu yang terbuang untuk mengurai kembali senar PE yang kusut di reel tadi.
senar PE kusut atau backlash pada reel BC
senar PE kusut atau backlash pada reel BC
Nah demikian sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan piranti spinning dan BC dalam casting. Pilih yang mana? Tentunya banyak aspek yang perlu diperhatikan. Kalau banyak modal, bisa pakai BC. Kalau takut kusut terus ya pakai spinning ajah. Akhirnya semua terpulang kepada kita sendiri. Oh ya kalau admin  sih di awal belajar casting memakai spinning kemudian berlaih memakai piranti BC. Jadi Min, mana yang enak pake Spinning atau BC? Kalau bicara enaknya ya pasti enak pakai BC.

Link copied to clipboard.