Contoh Soal Pretes untuk guru TK/PAUD

contoh soal pretes ppgj tahun 2019 untuk guru kelas TK PAUD pedagogik profesional




Dibawah ini merupakan beberapa contoh soal pretes/UKG untuk guru kelas TK pedagogik dan profesional

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Refleksi diri setelah selesai pembelajaran dilakukan oleh Guru untuk…
A. Mencatat pemenuhan kebutuhan pembelajaran
B. Mengevaluasi kekurangan dan kelebihan pembelajaran
C. Merencanakan pembelajaran selanjutnya
D. Membuat catatan tentang kehadiran anak

2. Berikut ini yang bukan merupakan komponen refleksi kinerja yang harus dilakukan oleh Guru adalah..

A. Ketercapaian tujuan pembelajaran
B. Rencana program pembelajaran
C. Metode dan media pembelajaran
D. Kegiatan pembelajaran dan teknik evaluasi yang dilakukan

3. Berikut ini yang tidak termasuk bentuk pengembangan diri Guru TK adalah…
A. Mengikuti pelatihan pengembangan kurikulum anak usia dini
B. Melakukan penelitian tindakan kelas mengenai metode pembelajaran di TK
C. Mengikuti seminar deteksi dini dan stimulasi perkembangan anak
D. Mengikuti kegiatan tentang ke PAUD an

4. Komponen atau faktor yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan PKB Guru secara individu adalah ....
A. hasil evaluasi diri Guru, hasil PK Guru awal tahun ajaran, dan rencana  pengembangan staf sekolah hasil evaluasi diri Guru, hasil PK Guru, dan rencana pengembangan staf sekolah
B. hasil evaluasi diri Guru, hasil PK Guru, dan rencana pengembangan staf sekolah
C. hasil TNA, hasil PK Guru, dan rencana pengembangan sekolah
D. hasil refleksi Guru, hasil PK Guru formatif, dan rencana kegiatan sekolah

5. Di bawah ini yang termasuk faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak adalah ….
A. Asupan gizi pada minggu pertama kelahiran
B. Penyakit yang diderita
C. Kualitas pengasuhan dan kondisi lingkungan
D. Nutrisi selama proses kehamilan

6. Kecenderungan perilaku anak yang ditunjukkan dengan cara memandang  anak lain sebelum bertindak, dan meniru, merupakan indikasi adanya gangguan, khususnya gangguan ....
A. Motorik
B. Pendengaran
C. Visual
D. Komunikasi

7. Instrumen penilaian berupa pedoman observasi, sangat efektif digunakan untuk ....
A. Mengetahui kemampuan peserta melakukan atau menampilkan unjuk kerja tertentu.
B. Mendapatkan informasi tentang pengetahuan atau penalaran anak mengenai suatu hal.
C. mendapatkan data dan informasi tentang perkembangan anak dalam berbagai situasi dan kegiatan yang dilakukan
D. Mengungkap kondisi fisik dan psikologis peserta didik, seperti kemampuan intelektual dan kemampun khususnya.

8. Hasil rangkuman perkembangan anak pada waktu tertentu dan dilaporkan dalam bentuk uraian singkat terdapat dalam…
A. Program pengembangan pembiasaan di TK
B. Hasil catatan penilaian yang ada dalam Satuan Kegiatan Harian (SKH)
C. Pengumpulan data berupa pemberian tugas yang harus dikerjakan anak didik
D. Rumusan dan dibuat seobyektif mungkin sehingga menimbulkan persepsi yang salah bagi orangtua /wali

9. Banyak cara untuk melakukan teknik observasi, salah satunya adalah metode checklist dan rating scale, yaitu…
A. Penilaian yang bersifat naratif yang menggambarkan sikap dan perilaku anak selama pembelajaran
B. Penilaian yang menggunakan sistem pengumpulan karya-karya anak yang kemudian dianalisis berdasarkan tahapan perkembangan anak pada saat itu
C. Penilaian yang menggunakan daftar indikator ketercapaian anak dan memberi tanda pada kolom skala penilaian sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan anak
D. Penilaian yang menginformasikan perkembangan anak melalui buku raport dan komunikasi dengan orangtua

10. Yang termasuk kedalam PKB jenis Pengembangan diri, diklat fungsional adalah…
A. mengikuti diklat tentang kurikulum 2013 PAUD
B. merancang buku panduan diklat pelatihan kurikulum 2013 PAUD
C. mengikuti seminar tentang cara menyusun RPPH dalam kurikulum 2013 PAUD
D. melaporkan kegiatan penelitian implementasi kurikulum 2013 PAUD di gugus tempat bekerjanya

11. Kegiatan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) jenis Kegiatan Kolektif Guru adalah…
A. bersama-sama Guru lain melakukan PTK
B. membuat poster tentang Cinta Lingkungan
C. mengikuti seminar pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di TK
D. menjadi narasumber pada diklat pengembangan kreatifitas di wilayah kecamatan tempat ia bertugas

12. Kegiatan PKB jenis Karya inovatif adalah…
A. mengikuti penyusunan pedoman penilaian di TK di tingkat nasional
B. mengikuti pelatihan kurikulum 2013 PAUD di Instansi tingkat Nasional
C. Membuat Tulisan di Media Massa Tentang Inovasi Pembelajaran di TK
D. mengikuti seminar tentang cara menyusun RPPH dalam kurikulum 2013 PAUD

13. Kegiatan PKB jenis publikasi ilmiah adalah…
A. Membuat poster tentang cara menjaga kesehatan gigi
B. Mengikuti seminar tentang Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di TK
C. Mengikuti kegiatan penyusunan Pedoman Penilaian di TK tingkat Nasional
D. Membuat makalah untuk disajikan pada seminar Peningkatan Kompetensi Guru TK

14. Yang termasuk kedalam PKB jenis Pengembangan diri, diklat fungsional adalah…
A. mengikuti diklat tentang kurikulum 2013 PAUD
B. merancang buku panduan diklat pelatihan kurikulum 2013 PAUD
C. mengikuti seminar tentang cara menyusun RPPH dalam kurikulum 2013 PAUD
D. melaporkan kegiatan penelitian implementasi kurikulum 2013 PAUD di gugus tempat bekerjanya

15. Kegiatan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) jenis Kegiatan Kolektif Guru adalah…
A. bersama-sama Guru lain melakukan PTK
B. membuat poster tentang Cinta Lingkungan
C. mengikuti seminar pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di TK
D. menjadi narasumber pada diklat pengembangan kreatifitas di wilayah kecamatan tempat ia bertugas

16. Kegiatan PKB jenis Karya Inovatif adalah…
A. mengikuti penyusunan pedoman penilaian di TK di tingkat nasional
B. mengikuti pelatihan kurikulum 2013 PAUD di Instansi tingkat Nasional
C. membuat Tulisan di Media Massa Tentang Inovasi Pembelajaran di TK
D. mengikuti seminar tentang cara menyusun RPPH dalam kurikulum 2013 PAUD

17. Kegiatan PKB jenis publikasi ilmiah adalah…
A. Membuat poster tentang cara menjaga kesehatan gigi
B. Mengikuti seminar tentang Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di TK
C. Mengikuti kegiatan penyusunan Pedoman Penilaian di TK tingkat Nasional
D. Membuat makalah untuk disajikan pada seminar Peningkatan Kompetensi Guru TK

18. Ibu Juariyah adalah seorang Guru TK. Ia mengikuti Pelatihan Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di TK selama 120 JP di PPPPTK . Kegiatan yang ibu Juariyah ikuti termasuk dalam kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan jenis…
A. Karya inovatif
B. Publikasi ilmiah
C. Diklat Fungsional
D. Kegiatan Kolektif Guru

19. Ibu Ani adalah seorang Guru TK. Ia menjadi narasumber dalam seminar kesehatan dan Gizi Anak TK di Gugusnya. Kegiatan ibu Ani sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut termasuk dalam kegiatan PKB jenis.
A. Diklat Fungsional
B. Kegiatan Kolektif Guru
C. Publikasi ilmiah
D. Karya inovatif

20. Ibu Shinta adalah seorang Guru TK. Ia mengikuti kegiatan penyusunan Pedoman Penilaian Pembelajaran di TK tingkat nasional. Kegiatan ibu Rima termasuk dalam kegiatan PKB jenis…
A. Kegiatan Kolektif Guru
B. Diklat Fungsional
C. Publikasi ilmiahh
D. Karya inovatif
Soal UKG Pretes untuk guru TK/PAUD
Soal UKG Pretes untuk guru TK/PAUD

Buka contoh soal Pretes lainnya di sini

1. Berikut ini yang merupakan manfaat penilaian di TK bagi guru adalah ….
A. Anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat dan perkembangannya
B. Membuat keputusan dalam memberikan dukungan dan memenuhi kebutuhan anak
C. Memudahkan dalam pemberian stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan di rumah
D. Mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang anak.

2. Berikut ini termasuk faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan guru ketika melaksanakan kegiatan bimbingan di TK, kecuali…
A. Esensi bimbingan
B. Konsep dasar Pengelolaan Bimbingan
C. Bentuk layanan Bimbingan
D. Parsialitas Bimbingan

3. Tujuan layanan BK yang memungkinkan anak untuk memahami emosinya dan membantu anak untuk berada pada tahap dan tugas perkembangannya disebut …
A. Tujuan Dasar
B. Tujuan Orang Tua
C. Tujuan Konselor
D. Tujuan Anak

4. Mengikis rasa egosentris saling menghargai dan bertoleransi dengan teman-temannya adalah salah satu fungsi bermain bagi anak yang disebut…
A. Learning about social role
B. Decreasing egocentrisme
C. Understanding the rules of social interaction
D. Decreasing self Healing

5. Berikut ini termasuk dalam pola keterlibatan anak dalam bermain, kecuali…
A. Occupied behavior
B. Onlooker behavior
C. Parallel play
D. Solitary independent play

1. Berikut ini pernyataan yang paling tepat tentang perbedaan presentasi dan mengajar adalah…
A. Presentasi audiencenya terbatas sementara mengajar audiencenya tidak terbatas
B. Mengajar harus dilakukan dengan persiapan yang matang sementara presentasi bisa dilakukan secara dadakan
C. Presentasi cenderung menyajikan hal baru, mengajar cenderung menyajikan hal baku
D. Situasi presentasi lebih bersifat informal sementara mengajar bersifat formal.

2. Dalam melakukan presentasi perlu diperhatikan hal-hal berikut, kecuali…
A. Penguasaan Materi yang akan disajikan
B. Antusiasme terhadap audience
C. Rasa percaya diri yang tinggi dalam menghadapi audience
D. Pengertian terhadap kondisi audience

3. Berikut ini adalah penggunaan "aha" faktor yang tepat dalam teknik presentasi…
A. Menggunakan ekspresi dan intonasi yang sama ketika menjelaskan adanya perubahan atau keberhasilan yang sangat tinggi
B. Menggunakan ekspresi dan intonasi yang lebih tinggi ketika menjelaskan adanya perubahan atau keberhasilan yang sangat tinggi
C. Menggunakan ekspresi dan intonasi yang lebih tinggi ketika menjelaskan adanya perubahan atas ketidakberhasilan pencapaian target
D. Menggunakan ekspresi dan intonasi yang lemah ketika menjelaskan adanya perubahan atau keberhasilan yang sangat tinggi

4. Kondisi utama yang paling tepat dilakukan oleh seorang presenter ketika ia membuka sebuah presentasi adalah…
A. Memperkenalkan nama dan instansi tempat ia bekerja
B. Membuka presentasi dengan ceria dengan menanyakan kabar audience
C. Membacakan pengalaman-pengalaman ia dalam memberikan presentasi di tempat lain
D. Meyakinkan audience bahwa ia adalah orang yang berkompeten untuk menyajikan materi tersebut

5. Tahap dimana seorang presenter melakukan tanya jawab dengan audience tentang apa yang dipresentasikannya terjadi pada tahap…
A. Pembukaan
B. Pengembangan/Inti
C. Penutup
D. Inti dan Penutup
Link copied to clipboard.