Membentuk Double Hook Agar Sesuai Body Soft Frog

Bagi anda yang sedang mencoba-coba membuat soft frog, tentu terkadang terkendala berbagai masalah. Salah satunya adalah ketidakcocokan hook/kawat dengan body soft frog. Sebenarnya hal ini bisa dicegah jika di awal kita membuat cetakan/mold sudah mengukur dan mengira-mengira kira-kira hook merk apa dan sudut berapa derajat yang digunakan untuk membuat SF tadi.

Sekedar berbagi pengalaman, saya pernah nemu SF di rawa, yang saya kira bentuknya cukup bagus dan muncul ide untuk mencontek SF tersebut. Kebetulan saya memiliki bahan-bahan untuk membuat cetakan SF serta lateks untuk membuat body SF, maka saya pikir tidak ada salahnya saya tiru tuh SF untuk dibikin sendiri.

Tahap awal tentu saya buat dulu mold nya dari resin. Setelah saya rasa cukup bagus, mulailah saya buat SF. Setelah body SF jadi, saya malah bingung sendiri, karena ternyata double hook yang saya miliki tidak sesuai dengan body SF yang sudah jadi tersebut, alias kekecilan. Setelah saya ukur-ukur dan saya perkirakan body SF yang telah saya bikin tadi memakai double hook ukuran 2/0 dengan sudut 60 derajat.

Kemudian saya cari ke toko pancing, yang saya dapat adalah double hook merk pachinko ukuran 2/0 dengan sudut 90 derajat. walau ukuran lengkungan dan panjangnya pas namun sudutnya tidak cocok dan saat dipasang agak terbuka. Untung ada teman yang memberi tahu, untuk membentuk sudut hook bisa dengan membakar hook tersebut. Dan saya coba akhirnya berhasil.

Nah jika sobat pengen tahu caranya cukup mudah. Siapkan tang 2 buah, air dingin, plus kompor gas, yaa untuk membakar hook tadi. Caranya bakar hook di bagian depan (bagian titik temu 2 bilah besi hook) bakar di atas kompor gas dengan api sedang, nggak pake lama, 2 menit aja sudah merah tu hook. Nah saat merah inilah kita bentuk sudutnya. Sambil dijepit Tang, kita celup ke air untuk mendinginkan dan mempermanenkan sudut hook tadi. Coba deh masukkan ke body SF. kalau belum sesuai, ulangi lagi.

Yang perlu sobat ketahui double hook ini antara merk yang satu dengan yang lain terkadang berbeda. Misalnya ukuran 1/0 merk Pachinko berbeda dengan double hook Kenzi dengan ukuran 1/0 yang sama, baik panjang dan ukuran lengkungan mata hook.


Gambar di atas adalah double hook ukuran 2/0 yang dibakar untuk disesuaikan dengan body SF. Yang sebelah kiri sudah dibakar dan dikecilkan sudutnya. Sedangkan yang di sebelah kanan masih original dengan sudut 90 derajat.

Bagi kawan yang ada masalah seperti di atas mungkin bisa dicoba. Oke selamat mencoba.







Link copied to clipboard.