Tehnik Memancing Ikan Gabus/Haruan


Ikan gabus atau disebut haruan ataupun kutuk merupakan ikan pemangsa yang merupakan predator ikan puncak di air khususnya spot mancing air tawar.  Memancingnya memberi sensasi tersendiri karena tarikan, ukuran dan tenaganya yang besar dibanding ikan lain. Seperti memancing ikan lain, memancing ikan gabus bisa menggunakan berbagai macam teknis tergantung ketersediaan umpan/lure, piranti pancing, kondisi spot mancing dan lain-lainnya. Ikan gabus yang didapat pun bisa berbagai ragam ukuran.

Pada artikel mancing kali ini kita akan membahas berbagai teknik dan trik memancing ikan gabus yang banyak dipakai para pemancing berdasarkan, biaya alat, joran dan piranti yang dipakai.

1. Teknik Mancing Dengan Joran Tegek dan Pelampung.

Teknik memancing yang biasa menggunakan pelampung banyak dipakai para pemancing karena tidak memerlukan biaya besar. Joran dan piranti yang dipakai bisa dicari dialam semisal bambu atau pelepah salak.
Kalaupun pemancing ada dana cukup, bisa membeli rod/joran tegek seharga 50ribuan-100ribuan.
Pemancing cukup menyediakan kawat pancing, senar nilon, pelampung, serta umpan.


cara memancing ikan gabus
mancing gabus dengan tegek dan pelampung



2. Teknik Tajur/Membanjur

Sama halnya dengan memancing dengan tegek, Teknik tajur tidak membutuhkan biaya besar. Pemancing cukup menyediakan umpan (umpan hidup yang bagus) nilon dan pelepah bambu, salak maupun kayu kecil biasa.
cara memancing ikan gabus dengan tajur
pemancing menyiapkan pelepah tajur pancing

Teknik tajur ialah teknik memancing dengan menggunakan umpan hidup/mati, kemudian tajuran ditancapkan ke tanah, umpannya sendiri dicelupkan ke air. Tajuran pun bisa ditinggal oleh pemancing.
Umpan hidup yang bisa dipakai misalnya anakan nila, sepat, betok, udang, kodok dan berbagai anakan ikan lain. Sedangkan bila menggunakan umpan mati bisa kita pakai umpan cacing, bekicot, ulat pisang, keong mas yang dipotong-potong.

3. Teknik Casting

Banyak pemancing mengatakan sensasi mancing casting dengan mancing biasa berbeda. Tentu saja dalam hal sensasi tarikan dan sambaran ikan gabus.
Untuk memancing ikan gabus dengan teknik casting memerlukan biaya yang lumayan besar, karena pemancing perlu modal untuk membeli reel/gulungan, rod/joran, senar PE, dan lure atau umpan-umpanan.
Kebanyakan para caster/castinger sebutan bagi mereka yang menacing dengan teknik casting menyebut aktivitas mancing mereka untuk menyalurkan hobi serta gengsi.

memnacing gabus dengan teknik casting
memancing ikan gabus dengan teknik casting

Untuk membeli piranti lengkap mancing, angler memerlukan dana minimal 300ribuan, itu untuk piranti yang paling murah, kalau yang lebih mahal lagi tentu saja tergantung kondisi dompet pemancing. Mengenai memancing dengan teknik casting akan kita bahas lebih lanjut pada artikel lainnya.

4. Teknik Ngacer

Teknik ini juga banyak dipakai pemancing untuk memancing ikan gabus. Adapun umpan yang biasa dipakai adalah kodok. Joran yang dipakai ialah joran tegek yang biasanya memiliki minimal panjang 540 ataupun yang berukuran 630cm. Pemancing tradisional biasa memakai joran bambu panjang untuk mengacer.

Memancing gabus/haruan dengan teknik ngacer
Memancing gabus/haruan dengan teknik ngacer

Mancing dengan teknik ngacer ini tidak membutuhkan biaya besar seperti teknik casting. Pemancing cukup menyediakan joran panjang seperti yang disebutkan tadi. Salah satu kelemahan mancing teknik ngacer ini adalah pemancing akan mudah lelah, mengingat pemancing harus mengangkat joran dan melempar/mengayunkan umpan secara berulang, terlebih bagi pemancing pemula. Belum lagi umpan kodok yang harus dimainkan.

5. Teknik Membandan

Teknik ini jarang bahkan sudah langka dipakai. Teknik membandan ialah memancing gabus dengan menggunakan anakan bebek hidup. Gabus yang dipancing ialah gabus yang sedang menjaga/menggiring anakannya. Pemancing yang melihat ada iring-iringan anakan gabus, kemudian menceburkan bebek yang sudah diikat dengan tali, kemudian anak bebek tadi menyedot anakan gabus. Begitu selesai menyedot, bebek tersebut diangkat kemudian pemancing menggantinya dengan umpan pancing lain misalnya kodok, cacing, anakan ikan dll. Nah disitulah kemudian induk gabus menyambar umpan.
tehnik membandan haruan

Nah demikian beberapa macam teknik memancing ikan gabus, untuk pembahasan secara mendetail silakan dibuka artikel lainnya. Sebenarnya masih ada beberapa trik lain cara memancing ikan gabus, namun 5 cara diatas adalah yang paling umum digunakan. Jika Anda punya tehnik lain dalam memamncing ikan gabus, silakan ditambahkan di kolom komentar.

Link copied to clipboard.