Soal Pretest / UKG PAUD (Pedagogik/Profesional) Kunci Jawaban

soal UKG pretes ppgj teori bermain anak usia dini pedagogik merancang kegiatan bermain di TK Soal Pretest / UKG PAUD (Pedagogik/Profesional) Kunci Jawaban

Soal-soal di bawah ini bisa digunakan sebagai latihan Bagi Bapak Ibu Guru yang akan melaksanakan UKG, UTN ataupun pretest sertifikasi guru PPGJ khususnya bagi guru di tingkat PAUD/TK. Sudah pula kami sediakan kunci jawaban di akhir soal. Silakan cari contoh soal UKG/Pretes  lainnya di halaman lain blog ini.

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D yang mewakili jawaban yang paling benar!

1. Salah satu teori pendidikan Ki Hajar Dewantara yang mengemukakan bahwa kebudayaan wajib berjalan terus menerus (kontinyu), berpusat pada kebudayaan Indonesia (konsentris), dan perpaduan kebudayaan bangsa lain (konvergensi) adalah….
A. Trikon
B. Tut Wuri Handayani
C. Kodrat Alam
D. Kemerdekaan

2. Permainan tradisional menurut Ki Hajar Dewantara yang mengandung nilai mendidik tentang konsep berhitung adalah ....
A. unclang
B. petak umpet
C. cublak-cublak sueng
D. dolanan

3. Menurut Piaget, anak usia 4-6th berada pada tahap ....
A. praoperasional
B. sensorimotor
C. operasional kongkret
D. operasional formal

4. Pendidikan adalah rekonstruksi dari sekumpulan pengalaman secara terus menerus, pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. Piaget
B. Vigosky
C. Froebel
D. Dewey

5. Teori pendidikan Jhon Dewey mengerucut pada aliran filsafat progresivisme yang difokuskan pada sekolah sebagai ....
A. play-centered
B. child-centered
C. social-centered
D. Teacher-centered

6. Pemikiran pendidikan anak usia dini menurut Nasheh Ulwan dirangkum dalam lima pokok pikiran, sebagai berikut ....
A. Mendidik dengan contoh,bimbingan, perhatian, kebiasaan dan pemberian hadiah
B. Mendidik dengan keteladanan, bimbingan, nasehat, adat istiadat dan pemberian hadiah
C. Mendidik dengan keteladanan, adat istiadat, nasehat, pengawasan,pemberian hukuman.
D. Mendidik dengan kasih sayang, keteladanan, pengawasan, kebiasaan, dan pemberian hukuman

Soal Pretest / UKG PAUD (Pedagogik/Profesional) Kunci Jawaban
7. Bermain dengan mengajarkan keteladanan seperti berbuat baik, berkata jujur , bertanggung jawab, Mendidik dengan kebiasaan, nasihat, Pengawasan dan Pemberian Hukuman , pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. Abdullah Nasheh Ulwan
B. Ki Hajar Dewantara
C. Ibnu Qoyyim Al –Jauziyyah
D. HOS Cokroaminoto

8. Mendidik dengan keteladanan ,adat kebiasaan nasehat ,pengawasan dan pemberian hukuman merupakan pokok pikiran tokoh pendidikan dari ....
A. Frobel
B. Nasheh Ulwan
C. Kihajar Dewantoro
D. John dewey

9. Manakah berikut ini yang bukan merupakan pandangan teori bermain menurut Abdullah Nasheh Ulwan adalah ....
A. bermain dengan Mendidik keteladanan
B. bermain dengan mendidik keteladanan
C. mendidik dengan cara memberi hukuman
D. bermain merupakan kodrat alam

10. Permainan anak yang dapat melatih kekuatan fisik dan berfaedah untuk pendidikan karakter, tertib, dan teratur berdasarkan teori Ki Hajar Dewantara adalah ....
A. bermain bola,menjahit,ular tangga
B. menyulam janur,gobag,sepak takrow,meronce
C. gobag,panahan,mengutas bunga,menyulam janur
D. panahan,sepak takrow,menjahit, meronce

11. Pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan pendapat Ki Hajar Dewantara adalah ....
A. permainan tiruan dari bangsa asing lebih bervariasi dan menantang.
B. permainan anak-anak di Indonesia pada umumnya dilakukan tanpa nyanyian.
C. permainan tradisional menempatkan anak tetap dalam lingkungan kebudayaan bangsanya.
D. semua permainan cocok untuk anak laki-laki dan anak perempuan tanpa pengelompokan.

12. Pandangan Frobel tentang pendidikan yang paling utama adalah ....
A. pendidikan merupakan persiapanuntuk hiup masa dewasa, tetapi lebih merupakan pengalaman hidup yang akan menyatukan pikiran dan tiadakan
B. pendidikan adalah kehidupan itu sendiri bukan persiapan untuk hidup
C. pendidikan itu adalah perkembangan yang berlangsung terus menerus
D. pendidikan adalah proses sosial an untuk merealisasikan hal itu sekolah harus berbentuk komunitas demontrasi

13. Area yang memungkinkan anak melakukan percobaan eksplorasi dan kreativitas adalah ….
A. ayunan
B. seni
C. agama
D. perpustakaan

14. Salah satu proses pendekatan scientific yang baik adalah ….
A. mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi,memahami, memecahkan  masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran
B. penjelasan guru cenderung menggunakan pendekatan tradisional
C. berbasis pada konsep, tanpa landasan teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan
D. menerapkan langkah 5 M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, dan mengkomunikasikan pada setiap pembelajaran.

15. Penekanan kata”berbuat”dalam proses belajar anak usia dini maksudnya adalah ….
A. anak akan lebih mudah belajar dengan melakukan sesuatu yang diminta pendidik
B. pemberian tugas dan praktek langsung sama pentingnya
C. anak akan lebih mudah mempelajari sesuatu dengan aktivitas yang mengarahkan anak untuk belajar menurut pengalamnnya sendiri
D. anak perlu mendengarkan ceramah sebelum melakukan sesuatu

16. (1) Membutuhkan waktu yang cukup lama
(2) Memerlukan ketajaman dalam menangkap inti pembicaraan
(3) Dalam prakteknya, percakapan akan selalu didominasi oleh beberapa orang saja.
Ketiga pernyataan di atas merupakan kelemahan dari metode ….
A. bercakap-cakap
B. pemberian tugas
C. demonstrasi
D. bermain peran

17. Anak belajar tentang bentuk segi tiga melalui potongan kertas yang disiapkan guru, kemudian guru mengajak siswa untuk menemukan benda-benda yang ada di sekitarnya yang berbentuk segitiga. Kegiatan tersebut  merupakan salah satu pelaksanaan penerapan proses saintifik yang tepat adalah ….
A. mengamati
B. mengasosiasi
C. mengumpulkan informasi
D. mengkomunikasikan

18. (1) Dapat meningkatkan motivasi anak untuk belajar, karena anak sangat senang dengan cerita-cerita;
(2) Sangat sesuai untuk pendidikan afektif (nilai), sebab metode ini dapat menyampaikan nilai-nilai kebaikan kepada anak melalui contoh-contoh  dalam cerita sehingga mendorong anak melakukan kebaikan tersebut,  sekaligus menghindari perbuatan buruk yang digambarkan dalam cerita guru;
(3) Tidak membutuhkan banyak alat dan media pembelajaran. Ketiga pernyataan di atas merupakan kelemahan dari metode ….
A. bercerita
B. pemberian tugas
C. demonstrasi
D. bermain peran

19. Mencoba, mendiskusikan, membaca buku, menanya, dan menyimpulkan hasil dari berbagai sumber, kegiatan-kegiatan tersebut merupakan salah satu pelaksanaan pendekatan saintifik adalah….
A. menanya
B. mengkomunikasikan
C. mengasosiasi
D. megumpulkan informasi

20. Salah satu model dalam pendidikan anak usia dini yang mengedepankan konsep bermain bagi anak, merupakan pengertian model pembelajaran ….
A. sentra
B. area
C. kelompok
D. sudut

21. (1) Menyalurkan aspirasi anak-anak kedalam kegiatan yang menyenangkan
(2) Mendorong aktivitas, inisiatif, dankreatif sehingga mereka berpartisipasi dalam kegiatan bersama lain
(3) Perhatian anak dapat lebih terpusatkan
(4) Mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi sekiranya anak hendak mencoba sendiri
Dari ke empat pernyataan di atas yang merupakan manfaat metode sosiodrama adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (1)

22. Manakah yang termasuk ke dalam tahapan perkembangan agama dan moral  anak usia 4 - 6 tahun yang sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak?....
A. mengetahui situasi yang membahayakan diri
B. menutup mulut dan hidung ketika bersin dan batuk
C. mengenal perilaku baik, sopan dan buruk
D. mengamati benda dan gejala dengan rasa ingin tahu

23. Setelah Anda membacakan cerita "Mentimun Mas", salah seorang anak diminta untuk menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah di dengarnya. Kegiatan yang Anda lakukan termasuk penerapan salah satu contoh dari lingkup ....
A. berpikir simbolik
B. keaksaraan
C. menyimak
D. berpikir logis

24. Untuk mengembangkan tema gunung berapi, anak-anak dapat melakukan percobaan dengan menggunakan alat dan bahan yang harus dipersiapkan adalah ....
A. kertas koran, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, cuka makan, sabun cuci, dan pewarna
B. pastisin, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, cuka makan, sagu sabun cuci, tempat bermain air, cuka makan, dan tanah liat.
C. sagu aren, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, tanah liat, kapas cuka makan, sabun cuci, dan pewarna.
D. tanah, pasir, soda kue, ampas kelapa, tepung kanji, kapas, tempat bermain air, dan pewarna.

25. Anda menjelaskan tentang perkembangbiakkan tumbuhan dengan menggunakan alat peraga gambar yang dipampang de depan kelas, kemudian anak di suruh melihat gambar dengan teliti. Setelah melihat gambar dan mendengarkan penjelasan guru tentang perkembangbiakkan tumbuhan, kemudian anak didorong untuk bertanya, baik tentang objek yang telah dilihat maupun hal-hal lain yang ingin diketahui. Dari pernyataan di atas, komponen pendekatan santifik yang telah dtierapkan adalah ....
A. mengamati dan menghubungkan
B. mengamati dan menanya
C. menalar dan menghubungkan
D. mencoba dan mengkomunikasi

26. Anda menyuruh anak untuk menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dan menangkap benda. Kegiatan tersebut merupakan lingkup pengembangan ....
A. motorik kasar
B. motorik halus
C. seni
D. kognitif

27. Kegiatan yang terlalu sulit untuk anak usia 3-4 tahun dalam teknik  ketangkasan untuk pengembangan fisik melalui metode karya wisata adalah ….
A. merayap di atas tanah
B. memanjat pohon
C. berjalan di atas jembatan
D. berayun dengan tambang

28. Bermain bebas dan spontan, merupakan bentuk bermain yang ....
A. perlu pengawasan
B. penuh dengan aturan
C. tidak memilki peraturan dan aturan main
D. mengikuti perintah guru

29. Aktivitas bermain di mana anak memperoleh kesenangan bukan berdasarkan kegiatan yang dilakukan sendiri disebut bermain ....
A. aktif
B. konstruktif
C. manipulatif
D. pasif

30. Bermain peran sebagai ayah, ibu, dan anak termasuk bermain peran ....
A. mikro
B. makro
C. aktif
D. pasif



Kunci Jawaban Soal Pretes/UKG/UTN  TK  Pedagogik/Profesional  teori bermain anak usia dini pedagogik merancang kegiatan bermain di TK

 1 A 11 C 21 A
 2 C 12 A 22 C
 3 A 13 B 23 C
 4 D 14 A 24 A
 5 B 15 C 25 B
 6 C 16 A 26 A
 7 A 17 B 27 A
 8 B 18 A 28 C
 9 D 19 D 29 D
10 C 20 A 30 B


1. Kurikulum operasional di TK masing-masing yang terdiri atas dokumen I dan dokumen II, disebut
A. Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
B. Program Pembelajaran
C. Program Tahunan
D. Program Pendidikan TK

2. Kurikulum 2013 PAUD merupakan kurikulum berbasis… .
A. Isi pelajaran
B. Kompetensi
C. Tujuan pembelajaran
D. Pemecahan masalah

3. Kerangka dasar kurikulum PAUD tahun 2013, meliputi penjelasan tentang…
A. Landasan filosofis, sosiologis, psikopedagogis, teoritis, dan yuridis
B. Kompetensi inti, kompetensi dasar, dan lama belajar
C. Landasan kurikulum, KI, KD, lama dan beban belajar
D. Kompetensi Inti,Kompetensi Dasar, Indikator Capaian, dan penilaian

4. Lama dan beban belajar untuk PAUD kelompok usia 4-6 tahun ditetapkan sebagai berikut:
A. 120 menit perminggu
B. 350 menit perminggu
C. 540 menit perminggu
D. 900 menit perminggu

5. Keseluruhan pengalaman belajar dalam jam belajar efektif yang harus diikuti peserta didik Taman Kanak-Kanak dalam satu minggu, satu semester, dan satu  tahun, menurut kurikulum PAUD tahun 2013 disebut… .
A. Beban belajar
B. Lama belajar
C. Program pembelajaran
D. Struktur kurikulum

6. Kerangka dasar dan struktur kurikulum PAUD tahun 2013 ditetapkan di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 146 pada lampiran… .
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Empat

7. Pengembangan tema untuk di PAUD/TK hendaknya berpedoman pada prinsip berikut, kecuali… .
A. Kesederhanaan
B. Keunggulan
C. Kedekatan
D. Kemenarikan

8. Ketika kelas sedang melaksanakan pembelajaran dengan tema lingkunganku dengan sub tema sekolahku, tiba-tiba anak-anak melihat seekor kucing dan mereka tertarik sehingga tema pembicaraan pun beralih tentang kucing. Dalam hal ini pengalihan tema diakomodir oleh Guru. Pengalihan tema seperti ini sesuai dengan prinsip… .
A. Kesederhanaan
B. Keunggulan
C. Kedekatan
D. Keinsidentalan

9. Pengembangan tema menjadi sub tema dan atau sub-sub tema penting dilakukan, agar….
A. Anak tertarik melakukan aktivitas belajar sambil bermain
B. Cakupan mater itidak terlalu luas
C. Memudahkan guru dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran
D. Penilaian dilakukan secara otentik

10. Ketika tema digunakan dalam proses pembelajaran, maka sebelumnya Guru sekurang-kurangnya perlu melakukan tiga (3) hal berikut, kecuali…
A. Mengumpulkan informasi tentang tema dan sub tema
B. Menyiapkan bahan-bahan bacaan tentang tema dan sub tema
C. Menyiapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan dalam kegiatan main yang
sesuai tema
D. Mengundang manusia sumber (ahli) agar pembelajaran lebih menarik

11. Manakah pernyataan “materi” di bawah ini yang paling tepat untuk tema  Keluargaku sub tema Anggota Keluargaku ?
A. Kesukaan temanku
B. Foto keluargaku
C. Berkunjung kekebun tetanggaku
D. Rumahku

12. Pengertian program pembelajaran identik dengan ...
A. Perencanaan pembelajaran
B. Pelaksanaan pembelajaran
C. Kajian pembelajaran
D. Evaluasi pembelajaran

13. Perencanaan Program Semester (Prosem) tersusun di dalam KTSP ….
A. Dokumen I
B. Dokumen II
C. Dokumen III
D. Dokumen IV

14. Mengurutkan dan menata tema dalam program semester hendaknya di lakukan...
A. Dari yang rumit ke yang sederhana
B. Dari yang abstrak ke yang konkrit
C. Dari yang terdekat ke yang jauh
D. Dari yang jauh ke yang dekat

15. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan antara lain berisi hal-hal berikut ...
A. Tema/Sub tema, minggu/semester, Kelompok/kelas, KD, rencana kegiatan
B. Tema/Sub tema, minggu/semester, KD, Indikator
C. Sub tema, minggu/semester, Indikator
D. Sub tema, Indikator, rencana kegiatan

16. Langkah pertama penyusunan RPPH dimulai dari menetapkan....
A. Tema dan sub tema yang sesuai di RPPM
B. Kegiatan yang sesuai untuk mencapai indikator
B. Tahapan kegiatan untuk ditetapkan
C. Metode dan alat/sumber pembelajaran yang sesuai

17. Pernyataan berikut merupakan tahapan kegiatan yang disusun di dalam RPPH,
kecuali .......
A. Kegiatan awal
B. Kegiatan inti
C. Kegiatan akhir
D. Kegiatan tindak lanjut

18. Salah satu komponen program pembelajaran yang menetapkan berapa lama
setiap tema perlu di angkat dalam pembelajaran adalah komponen...
A. Isi/Tema
B. Metode
C. Waktu
D. Sarana

19. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) adalah program yang dilaksanakan dalam satu minggu, dan merupakan penjabaran dari program ...
A. Tahunan
B. Semester
C. Mingguan
D. Harian

20. Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) antara lain ...
A. Tema/sub tema/sub-sub tema, alokasi waktu, hari/tanggal, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, kegiatan penutup serta penilaian.
B. Tema/sub tema/sub-sub tema, hari/tanggal, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, kegiatan penutup serta penilaian.
C. Tema/sub tema/sub-sub tema, alokasi waktu, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, kegiatan penutup serta penilaian.
D. Tema/sub tema/sub-sub tema, alokasi waktu, hari/tanggal, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

21. Pencapaian perkembangan anak usia 4-5 tahun pada aspek agama dan moral dapat di ukur antara lain melalui indikator berikut….
A. Terbiasa berdoa sebelum makan, dan berbicara dengan sopan
B. Terbiasa berdoa sebelum tidur, dan terbiasa hidup bersih
C. Terbiasa berdoa sebelum makan, dan membuang sampah pada tempatnya
D. Terbiasa berdoa sebelum tidur, dan menggunakan toilet dengan benar

22. Indikator tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun dalam bidang agama yaitu ...
A. Menyanyikan lagu rohani
B. Mulai meniru ucapan dan melaksanakan ibadah
C. Meniru ucapan dan melaksanakan ibadah
D. Mengucapkan doa-doa pendek

23. Menetapkan indikator tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun dalam berpikir logis
A.Mampu memecahkan masalah sederhana
B.Mulai memiliki inisiatif
C.Mengenal peran anggota keluarga
D.Mulai membiasakan meminta tolong

24. Perkembangan anak usia 4-5 tahun dalam hal berfikir logis dapat diukur melalui indikator… .
A. Mengurutkan benda dari besar ke kecil, dan menggambar
B. Mengurutkan balok dari pendek ke panjang, dan mengelompokkan benda
atas dasar bentuk
C. Menggambar, dan memasang balok
D. Menyebutkan lambang bilangan, dan menuliskannya

25. Perkembangan anak usia 5-6 tahun dalam mengungkapkan bahasa dapat diukur antara lain melalui indikator… .
A. Mengulang kalimat sederhana, dan menjawab pertanyaan yang lebih
kompleks
B. Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, dan mengenal simbol-simbol
C. Mengenal simbol-simbol, dan mengulang kalimat sederhana
D. Mengenal hubungan bunyi dan bentuk huruf, serta meniru tulisan huruf "A"

26. Indikator tingkat pencapaian perkembangan anak usia 4-5 tahun dalam mengungkapkan bahasa, adalah ...
A. Berbicara dengan dua kata atau lebih
B. Menjawab pertanyaan dengan kalimat sederhana
C. Menceritakan gambar yang ada dalam buku
D. Menirukan kata-kata pendek

27. Perkembangan anak usia 4-5 tahun dalam bidang perkembangan sosial, dapat
diukur antara lain melalui indikator… .
A. Dapat memecahkan masalah sederhana
B. Menyebutkan nama anggota keluarga
C. Menunjukkan ketertarikan pada benda disekitar
D. Bermain dengan benda yang ada disekitarnya

28. Tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5 - 6 tahun dalam perilaku sosial, adalah ...
A. Menyebutkan alat transportasi yang sering digunakan
B. Bermain dengan teman sebaya
C. Menunjukkan ketertarikan pada benda disekitar
D. Mulai tertarik kegiatan seni

29. Perkembangan anak usia 5-6 tahun pada aspek perkembangan seni dapat diukur antara lain melalui indikator…
A. Mampu menjalin pertemanan dengan anak lain
B. Mampu memilih benda/mainan satu dari 3 yang tersedia
C. Menunjukkan sikap empati/ suka menolong
D. Membuat karya berbagai bentuk benda/objek berbahan plastisin

30. Indikator tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun aspek ketertarikan dalam bidang seni, adalah ...
A. Menampilkan seni
B. Melakukan aktivitas seni sederhana
C. Menampilkan dan membuat karya seni
D. Mulai tertarik kegiatan seni


Link copied to clipboard.