Soal Pretes/UKG IPS SMP

silakan dibuka untuk melihat contoh latihan soal UKG /Pretes PPGJ untuk mata pelajaran IPS tingkat SMP beserta kunci jawaban

 Dibawah ini merupakan contoh latihan soal UKG /Pretes PPGJ untuk mata pelajaran IPS tingkat SMP

1. Pembentukan BPUPKI oleh pemerintah pendudukan Jepang dilakukan karena ….
A. adanya desakan negara-negara Asia lainnya
B. sesuai asas cita-cita Jepang saat datang ke Indonesia
C. mulai terdesaknya kekuatan Jepang hampir di semua titik pertempuran
D. upaya menarik simpati pemimpin pergerakan agar tidak memusuhi Jepang

2. Langkah lanjutan pernyataan "Janji Kemerdekaan Indonesia" oleh PM Koiso adalah dibentuknya …..
A. PPKI
B. KNIP
C. KNID
D. BPUPKI

3. Asas Dasar Negara Indonesia berdasarkan:
1) Peri Kebangsaan;
2) Peri Kemanusiaan;
3) Peri Ke-Tuhanan;
4) Peri Kerakyatan;

5) Kesejahteraan Rakyat merupakan konsep dasar negara dari tokoh nasional, yaitu ….
A. Soekarno
B. Soepomo
C. Muh. Yamin
D. Ahmad Soebardjo

4. Dalam rapat terakhir sidang pertama BPUPKI Soekarno mengajukan usul mengenai nama dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila. Sampai saat ini, peristiwa tersebut menjadi hari lahirnya Pancasila, yaitu ....
A. 1 Juni 1945
B. 17 Agustus 1945
C. 18 Agustus 1945
D. 1 Oktober 1945

5. Peristiwa Rengasdengklok dilatarbelakangi oleh perbedaan sikap antara golongan tua dan golongan muda. Golongan tua menghendaki proklamasi kemerdekaan dibahas dalam rapat PPKI. Sikap inilah yang tidak disetujui oleh golongan muda karena ….
A. golongan muda menganggap PPKI adalah lembaga bentukan Jepang
B. golongan muda menganggap golongan tua takut terhadap Jepang
C. golongan tua dianggap tidak tegas dalam mengambil keputusan
D. golongan tua dianggap terlalu patuh pada janji Jepang

Kunci Jawaban
1. D 2. D 3. A 4. A 5. A


contoh latihan soal UKG /Pretes PPGJ untuk mata pelajaran IPS tingkat SMP

1. Kalimat yang berisi pertanyaan atau pernyataan yang harus dijawab oleh siswa disebut dengan ...
A. stimulus
B. stem
C. pilihan
D. pengecoh

2. Berikut ini yang BUKAN merupakan karakteristik soal pilihan ganda adalah …
A. mudah untuk membuatnya
B. mencakup materi yang luas
C. kemampuan membaca ikut menentukan
D. terstruktur dan tertutup

3. Salah satu teknik agar soal pilihan ganda dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi/kompleks adalah dengan ...
A. Menulis stem yang panjang
B. Membuat pilihan jawaban homogen
C. Menggunakan stimulus
D. Menanyakan materi yang belum diajarkan

4. Pada penilaian dengan menggunakan soal uraian objektif, agar penilaian guru dapat lebih konsisten maka perlu menggunakan ...
A. Prinsip penilaian
B. Panduan penilaian
C. Rubrik penilaian
D. Kunci jawaban

5. Validitas bentuk soal benar-salah untuk menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa adalah rendah karena ...
A. soal terlalu mudah untuk dijawab
B. siswa tidak akan berpikir panjang untuk menjawab
C. soal benar-salah hanya mengukur kemampuan berpikir rendah
D. peluang menebak dengan benar, cukup besar

6. Dibawah ini yang merupakan kelemahan dari sisi validitas pada soal tes tulis yang berbentuk soal uraian/essay adalah ...
A. Membatasi cakupan materi pelajaran yang diujikan.
B. Guru memerlukan waktu yang lama untuk menentukan soal uraian
C. Guru memerlukan waktu yang lebih lama dan pemikiran yang lebih dalam memberikan skor.
D. Tingkat subjektifitas guru dalam memberikan nilai cukup dominan

7. Distraktor yang baik adalah ...
A. Dianggap benar oleh siswa yang belum paham
B. Lebih panjang dari kunci jawaban
C. Membuat siswa yang paham menjadi bingung
D. Membuat seluruh siswa terkecoh

8. Dibawah ini yang merupakan keunggulan dari soal jawaban singkat  dibanding dengan soal pilihan ganda adalah ...
A. ada unsur subjektifitas dalam menilai jawaban.
B. mengurangi kemungkinan menebak.
C. lebih sulit dalam membuatnya.
D. mencakup materi pelajaran yang lebih banyak.

9. Jika sebuah indikator menyatakan: “(siswa mampu) menyebutkan letak astronomis Indonesia dengan benar", maka bentuk instrumen yang paling tepat untuk mengukur indikator tersebut adalah ...

A. jawaban singkat
B. uraian
C. rubrik penilaian
D. skala penilaian

10. Jika sebuah indikator menyatakan: “(siswa mampu) mendeskripsikan dengan rinci 3 alasan perlunya remaja terlibat dalam proses pelestarian budaya, dengan disertai contoh-contoh", maka bentuk instrumen yang paling tepat untuk mengukur indikator tersebut adalah ...
A. penilaian projek
B. soal uraian
C. lembar pengamatan
D. pilihan ganda

KUNCI JAWABAN
1. B
2. A
3. C
4. C
5. D
6. D
7. A
8. B
9. A
10 B

1. Sumpah Amukti Palapa yang diucapkan Gajahmada terjadi pada masa pemerintahan ….
A. Tribhuwana Tungga Dewi
B. Wikramawardhana
C. Hayam Wuruk
D. Jayanegara

2. Masa Majapahit dianggap sebagai salah satu puncak keemasan masa Hindu-Buddha dengan ditandai pembangunan candi kerajaan, yaitu Candi ....
A. Brahu di Trowulan
B. Penataran di Blitar
C. Tegawangi di Pare
D. Jabung di Probolinggo

3. Kitab sastra peninggalan Kerajaan Majapahit yang menceritakan perjalanan Raja Hayam Wuruk ke beberapa daerah kekuasaannya ....
A. Pararaton
B. Sutasoma
C. Harsyawijaya
D. Negarakretagama

4. Contoh adanya akulturasi agama dan kebudayaan Budha dengan kebudayaan lokal Indonesia dalam seni bangunan dapat dilihat pada candi ....
A. Dieng
B. Mendut
C. Borobudur
D. Prambanan

5. Perhatikan data candi berikut;
1) Bentuk bangunannya ramping
2) Bahan candi dari batu andesit
3) Letak candi di tengah halaman
4) Reliefnya timbul sedikit dan lukisannya simbolis
5) Makara tidak ada, pintu serta relung atas di beri kala. Yang termasuk ciri Candi Jawa Timur adalah ….
A. 1, 2
B. 1, 3
C. 1, 4
D. 1, 5

1. Islam masuk ke Nusantara melalui Gujarat, dengan bukti keberadaan salah satu makam raja Islam di Samudera Pasai yang nisannya terbuat dari batu  marmer buatan Gujarat, teori ini di kemukakan oleh …
A. Hoesein Djajadiningrat.
B. Soetjipto Wirjosoeparto.
C. Snouck Hurgronje.
D. Hamka.

2. Dalam perjalanan dari Cina ke Persia, Marcopolo singgah di Sumatera.  Dalam catatannya tentang perkembangan awal Islam di Indonesia disebutkan bahwa....
A. adanya makam Sultan Malik Al Saleh, Raja Kerajaan Samudra Pasai
B. Samudera Pasai kerajaan pertama Islam di Sumatera
C. adanya kerajaan di Sumatera yang memberikan persembahan kepada kerajaan di Jawa
D. di wilayah Perlak (Aceh) sudah dijumpai komunitas yang beragama Islam

3. Perkembangan Islam berlangsung dalam proses-proses politik, sosial, ekonomi dan kultural. Salah satu dampak perkembangan Islam dalam proses-proses ekonomi adalah:
A. institusionalisasi pasar dalam struktur birokrasi.
B. diterapkankannya model perdagangan bebas.
C. peningkatan secara signifikan kesejahteraan masyarakat.
D. pembangunan pelabuhan tempat singgahnya kapal-kapal.

4. Golongan masyarakat mudah menerima penyebaran agama Islam di Indonesia. Hal ini disebabkan..
A. ajaran Islam bersifat demokratis dan memandang kesetaraan masyarakat
B. masyarakat terkesan dengan ilmu supranatural para penyebar agama
C. ajaran Islam lebih mementingkan ajaran akherat sehingga mereka merasa tenteram
D. raja diangkat tidak berdasar keturunan namun pertimbangan kemampuan agama

5. Nisan Raja Malikul Saleh bukan saja memberikan bukti bahwa pada abad ke-13 telah ada kerajaan Islam, namun juga menunjukkan bahwa agama Islam disiarkan dari Gujarat. Hal ini terbukti dengan ….
A. Malikul Saleh berasal dari Gujarat
B. langgam pembuatan nisan sama dengan nisan di daerah Gujarat
C. gelar Malikul berasal dari daerah Gujarat
D. huruf Arab pada nisan berasal dari daerah Gujarat

Kunci Jawaban
1. B 2. D 3. A 4. A 5. B


Link copied to clipboard.