Latihan Soal UKG TK; Kajian Teori Bermain Anak Usia Dini & Merancang Kegiatan Bermain Di TK

Latihan Soal UKG TK; Kajian Teori Bermain Anak Usia Dini & Merancang Kegiatan Bermain Di TK

Latihan Soal UKG TK; Kajian Teori Bermain Anak Usia Dini & Merancang Kegiatan Bermain Di TK

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memberikan tanda silang (x) pada pilihan jawaban yang menurut Anda paling benar!

1. Istilah pertumbuhan dan perkembangan mempunyai pengertian yang
berbeda. Secara umum definisi dari pertumbuhan adalah...
A. Perubahan fisik yang bersifat kuantitatif sebagai akibat dari adanya pengaruh dari luar atau lingkungan
B. Bertambahnya ukuran fisik dan bersifat kualitatif
C. Perubahan fungsional yang bersifat kualitatif baik fungsi fisik maupun mental
D. Urutan-urutan perubahan yang bersifat sistematis, saling ketergantungan antara fisik dan psikis

2. Berikut ini merupakan prinsip-prinsip perkembangan, kecuali.....
A. Perkembangan berlangsung secara kontinyu dan tidak terputus
B. Perkembangan berlangsung dalam urutan yang terpola
C. Perkembangan berlangsung dari yang abstrak ke konkret
D. Perkembangan berlangsung dari egosentrisme ke perspektivisme

3. Manakah berikut ini yang merupakan faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini....
A. Asupan Gizi
B. Hereditas
C. Lingkungan keluarga
D. Gangguan fisik

4. Menurut Elisabeth B. Hurlock, emosi anak memiliki karakteristik yang berbeda. Anak yang cenderung menunjukkan emosi yang berlebihan memiliki karakteristik....
A. Emosi yang kuat
B. Emosi yang bersifat sementara
C. Emosi seringkali tampak
D. Emosi mencerminkan individualitas


5. Menurut Sumanto salah satu fungsi pengembangan seni pada anak usia dini
sebagai media ekspresi, yaitu....
A. Merupakan suatu cara untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain
dalam bentuk hasil karya
B. Mengungkapkan keinginan, perasaaan, pikiran melalui berbagai bentuk
aktivitas seni secara kreatif
C. Memberikan kesenangan, kebebasan untuk mengembangkan perasaan,
kepuasan pada saat bermain
D. Merupakan penyaluran daya nalar yang dimiliki anak yang digunakan
dalam kegiatan seni

6. Munculnya tugas-tugas perkembangan, bersumber pada faktor-faktor berikut
ini, kecuali....
A. Kematangan fisik
B. Tuntutan masyarakat secara kultural
C. Tuntutan dari individu sendiri
D. Kematangan psikis

7. Salah satu tugas perkembangan menurut Carolyn Triyon dan J.W. Lilienthal
adalah...
A. Berkembang menjadi pribadi yang mandiri
B. Belajar makan makanan padat
C. Belajar berbicara
D. Belajar mengenal perbedaan jenis kelamin

8. Seorang anak usia 4-5 tahun sudah dapat meniru gerakan sholat dengan
benar. Anak tersebut sudah mampu mencapai perkembangan.....
A. Nilai Agama dan Moral
B. Fisik Motorik
C. Kognitif
D. Bahasa

9. Berikut ini indikator capaian perkembangan anak yang termasuk dalam
lingkup perkembangan anak usia 5-6 tahun pada aspek perkembangan
Motorik halus, diantaranya....
A. Menggunting sesuai pola
B. Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan
C. Menjiplak bentuk
D. Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan

10. Pemahaman anak dalam mempelajari nilai-nilai agama yang belum mampu
bersikap dan bertindak secara konsisten merupakan sifat pemahaman
anak...
A. Egocentris
B. Misunderstand
C. Imitative
D. Verbalis dan Ritualis

11. Menurut Tim Dirjen Pembinaan Kesmas, upaya penjaringan yang
dilaksanakan secara komprehensif untuk menemukan penyimpangan
tumbuh kembang pada anak usia dini disebut......
A. Intervensi
B. Deteksi dini
C. Stimulasi
D. Interaksi

12. Deteksi dini untuk mengetahui kelainan pertumbuhan pada anak dapat
menggunakan teknik antropometri, yang meliputi pengukuran.....
A. Berat badan, tinggi badan, gangguan motorik kasar
B. Tinggi badan, lingkar kepala anak, gangguan psikologis
C. Berat badan, tinggi badan, lingkar kepala anak
D. Berat badan, tinggi badan, gangguan wicara

13. Berikut ini merupakan pelaksana deteksi dini penyimpangan pertumbuhan di
tingkat keluarga dan masyarakat, kecuali....
A. Orang tua
B. Kader kesehatan
C. Guru PAUD/TK
D. Ahli Gizi


14. Deteksi dini perkembangan anak dapat dilakukan melalui skrining
perkembangan, yang terdiri atas beberapa perangkat, kecuali....
A. Tabel berat badan/tinggi badan
B. Kuesener pra skrining perkembangan (KPSP)
C. Kuesener perilaku anak pra sekolah (KPAP)
D. Tes daya Lihat (TDL)

15. Berikut ini merupakan cara menggunakan kuesener pra skrining
perkembangan (KPSP), kecuali.....
A. Menentukan anak
B. Memilih KPSP yang sesuai dengan usia anak
C. Menjawab pertanyaan dalam KPSP oleh orang tua
D. Menjawab pertanyaan dalam KPSP oleh guru TK

16. Manakah pernyataan yang benar berikut ini yang merupakan interpretasi
hasil KPSP.....
A. Jumlah jawaban “ya” = 7 atau 8, perkembangan anak sesuai tahap
perkembangannya (S)
B. Jumlah jawaban “ya” = 6 atau kurang, perkembangan anak meragukan
(M)
C. Jumlah jawaban “ya” = 9 atau 10, perkembangan anak sesuai tahap
perkembangannya (S)
D. Jumlah jawaban “ya” = 5 atau kurang, kemungkinan ada penyimpangan
(P)

17. Jadwal untuk pelaksanaan deteksi untuk Tes Daya Dengar (TDD) adalah...
A. Setiap 2 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
B. Setiap 3 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
C. Setiap 4 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
D. Setiap 6 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas

18. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi gangguan
perkembangan fisik motorik, kecuali...
A. Neuromuscular
B. Cerebral Palsy
C. Infeksi TORCH
D. Disleksia

19. Salah satu bentuk stimulasi yang diberikan agar kemampuan berjalan anak
dapat berkembang dengan baik adalah...
A. Bermain dengan menggunakan mainan mobil-mobilan yang bisa di
dorong
B. Bermain menendang bola
C. Melompat di tempat atau trampolin
D. bermain lempar tangkap bola

20. Gangguan perkembangan bahasa dimana anak pada usia seharusnya
belum bisa mengucapkan kata spontan yang bermakna seperti “mama” atau
“papa” di sebut...
A. Afasia
B. Disfasia
C. Disgrafia
D. Diskalkulia

21. Gangguan perkembangan bahasa yang disebabkan oleh adanya kerusakan
pada pusat-pusat bahasa di cortex cerebri disebut...
A. Afasia
B. Disfasia
C. Disgrafia
D. Diskalkulia

22. Penanganan terhadap anak yang mengalami gangguan bahasa melalui
pendekatan yang menekankan pada intervensi dalam bidang persepsi
auditori, ingatan, asosiasi, adalah.....
A. Pendekatan proses
B. Pendekatan perilaku
C. Pendekatan Task Analysis Approach
D. Pendekatan Interpersonal Interaktif

23. Berikut ini adalah bentuk intervensi yang  dapat diberikan oleh orang tua dan
guru dalam menghadapi kesulitan belajar anak disgrafia, yaitu dengan
cara....
A. Memahami keadaan anak dan beri kesempatan untuk menulis dengan
menggunakan media lain
B. Memberikan dorongan pada anak untuk melatih ingatan pada angka
secara kreatif dengan bernyanyi
C. Menuliskan konsep matematika atau angka di atas kertas, dan bukan
sekedar abstrak
D. Menghubungkan konsep bilangan dengan benda di sekitar anak

24. Salah satu permasalahan Psiko-sosial pada anak, dimana anak suka
melakukan tindakan kekerasan baik fisik maupun verbal kepada guru atau
temannya adalah...
A. Kecemasan
B. Agresivitas
C. Ketakutan
D. Hiperaktif

25. Permasalahan yang sering dialami anak usia dini adalah agesivitas. Salah
satu faktor biologis/internal yang mempengaruhi perilaku agresivitas
adalah...
A. Sistem otak
B. Suhu yang panas
C. Modelling
D. Lapar

26. Seorang anak yang mengalami gangguan motorik kasar, seperti sulit dalam
mengatur keseimbangan tubuhnya pada saat mulai belajar berjalan dapat
distimulasi dengan cara...
A. Anak dilatih untuk berdiri dan orang tua berada di dekatnya sambil
memegang mainan yang menarik
B. Anak-anak sering diajak menendang bola dan bermain sepeda
C. Anak-anak diajak bermain melompat di tempat atau di trampolin
D. Anak-anak diajak melakukan permainan melempar dan menangkap bola.

27. Berikut ini merupakan faktor-faktor eksternal yang menyebabkan perilaku
agresif pada anak, kecuali....
A. Kemiskinan
B. Suhu udara yang panas
C. Meniru (Modelling)
D. Sistem otak

28. Salah satu faktor yang menyebabkan Temper tantrum pada anak adalah....
A. Anak mengalami frustasi karena keinginannya tidak terpenuhi
B. Anak memiliki kemampuan berbicara yang belum lancar
C. Anak memiliki energi yang berlebihan
D. Anak selalu mencari perhatian orang lain

29. Salah satu bentuk intervensi yang dapat dilakukan terhadap anak yang
Temper tantrum adalah....
A. Pendidik dan orang tua harus memastikan kondisi yang aman, tetap
tenang dan mengendalikan emosi
B. Pendidik mengajarkan tentang kemandirian
C. Memelihara kenyamanan dan keamanan
D. Mengajarkan sifat kesadaran

30. Aktivitas motorik yang tinggi pada anak dengan ciri-ciri aktivitas selalu
berganti, tidak mempunyai tujuan tertentu, berulang dan tidak bermanfaat,
disebut...
A. Agresivitas
B. Hiperaktif
C. Impulsif
D. Temper tantrum


Kunci Jawaban Evaluasi
1. A
2. C
3. B
4. C
5. B
6. D
7. A
8. A
9. A
10. A
11. B
12. C
13. D
14. A
15. D
16. C
17. D
18. D
19. A
20. B
21. A
22. A
23. A
24. B
25. A
26. A
27. D
28. A
29. A
30. B

Link copied to clipboard.