Tips Memilih Soft Frog yang Bagus

Soft Frog sangat disukai para castinger, banyak kelebihan yang dimilikinya. Walau harganya lumayan menguras dompet bagi yang dompetnya memang tipis namun kadang tetap berkorban untuk membelinya.
Salah satu kelebihan soft frog adalah tidak mudah nyajen alias nyangkut, namun bagaimanapun masih ada pula yang suka nyajen, sehingga melayanglah umpan kesayangan, mau diambil takut nyebur ada buaya. Hehehe.

Pada artikel kali ini Angler Waluh mau berbagi tips memilih soft frog yang bagus tujuannya agar tidak mudah nyajen, tidak suka mocel, action yang mantap.

Bentuk Soft Frog yang Bagus.

Bagaimana bentuk soft frog yang bagus? Menurut saya relatif, tergantung jenisnya. Ada yang biasa actionnya ada yang action WTD (Walk The Dog)/berkelok-kelok seperti jalannya ular di permukaan air.
Namun jika ingin Hook SF anda tidak mudah tersangkut di rerumputan, pilih yang bagian kepala SF lebih besar dibanding bagian pantat/bagian hook. Ini untuk menutupi mata hook saat lure kita tarik/retrieve.

Tips Memilih Soft Frog yang Bagus
Soft Frog yang Bagus

Tebal/tipis karet SF

Pilih lah SF yang tidak terlalu lunak/tipis tidak pula terlalu keras. SF yang terlalu keras membuat gabus sering mocel, karena hook kurang terbuka. Sedangkan SF yang terlalu tipis akan mudah sobek, selain itu mata double hook juga sangat mudah tersangkut direrumputan/kayu.

Ukuran SF

Ukuran SF disini tentu tergantung target ikan gabus yang kita pancing. Jika dirasa ukurannya kecil gunakan SF ukuran kecil misal 3cm - 3,5cm. Sedangkan jika ukuran babon gabus misalnya ukuran 5ons keatas bisa digunakan SF berukuran 4cm-5,5cm


Warna Soft Frog.

Kalau Penulis sendiri sih tidak terlalu mempermasalahkan warna soft frog, mana warna yang baik untuk casting. Namun dari beberapa pengalaman banyak yang menyarankan bahwa SF yang berwarna gelap, seperti hitam, merah tua, biru tua, coklat, cenderung lebih sering disambar gabus. Alasannya, adalah coba perhatikan bagian bawah ikan, biasanya berwarna putih. Warna terang putih ini tujuannya adalah untuk menipu predator.
Kalau saya pribadi kecenderungan banyaknya sambaran terletak pada warna, kekeruhan dan kedalaman air, dan tentu saja ADA TIDAKnya gabus di spot. hehehe. Selain itu gabus tertarik pada kilauan pantulan cahaya dan juga gerakan diair.

SF jenis apa yang dihindari? 

Admin menyarankan jangan memakai SF jenis geol WTD apalagi yang kepalanya bulat dan terlalu besar. SF jenis ini sering mocel, Disambar gabus, namun saat disentak hook tidak menancap sempurna dan terhalang oleh bagian kepala.

Nah demikian kura-kura tips dari Angler Waluh bagaimana cara memilih Soft Frog yang baik. Jadi sebelum membeli silakan dilihat, diraba dan diterawang manakah kira-kira soft frog yang bagus tadi. Silakan dikoreksi atau ditambahkan sobat angler.
Link copied to clipboard.