Pendaftaran Prakerja Gelombang 48 Dibuka

pembukaan program pelatihan kartu prakerja tahun 2023 gelombang 48


Selamat siang warganet semua siapapun dan dan dimanapun Anda berada, pada kesempatan kali ini mimin mau mengabarkan bahwa program pelatihan Prakerja sudah dibuka kembali. Pelatihan Prakerja adalah program pelatihan dan pengembangan keterampilan yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan. Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan keterampilan dan kemampuan tenaga kerja di Indonesia agar dapat lebih siap menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin ketat.

Pelatihan Prakerja tersedia bagi seluruh warga negara Indonesia yang berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal atau tidak memiliki pekerjaan. Program ini memberikan bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 3.550.000,- kepada setiap peserta yang berhasil mendaftar dan lulus seleksi.

Pelatihan Prakerja terdiri dari berbagai jenis pelatihan, mulai dari keterampilan teknis seperti pelatihan bahasa inggris, desain grafis, atau pemrograman, hingga pelatihan keterampilan soft skill seperti kepemimpinan, komunikasi, dan manajemen waktu. Pelatihan dilakukan secara online dan peserta akan mendapatkan sertifikat setelah berhasil menyelesaikan program pelatihan.

Nah bagi Anda yang ingin mendaftar silakan mendaftar ya. Cara pendaftarannya juga sangat mudah, silakan buka laman https://www.prakerja.go.id/ klik daftar sekarang atau masuk jika sudah pernah mendaftar sebelumnya.  Bagi yang belum tahu syarat umum pendaftaran prakerja

Syarat Mendaftar

  1. WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  4. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  5. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.


Berdasarkan info yang mimin dapat dari akun sosmed Instagram prakerja, pelatihan prakerja saat ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kenapa? Ya salah satunya karena pandemi covid19 sudah berakhir ya gaess... Hehehe. Nah apa saja perubahan-perubahan dalam program prakerja tahun 2023 ini?
Silakan disimak gaesss...

Rapat Komite Cipta Kerja telah memutuskan Program Kartu Prakerja akan berlanjut pada triwulan pertama tahun 2023 ini dengan skema normal. Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2022 yang aturan pelaksanaannya tertera pada Permenko Perekonomian Nomor 17 Tahun 2022.

Apa saja perubaha prakerja tahun 2023 ini?

1. Prakerja bukan bantuan sosial


Sejak awal dimulai pada tahun 2020 hingga tahun 2022 lalu, Program Kartu Prakerja menjalankan misi ganda sebagai program peningkatan kompetensi angkatan kerja dan bantuan sosial sehingga menjadi program semi-bansos.

Mulai tahun 2023 Program Kartu Prakerja hanya akan fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja.

2. Penerima bantuan sosial kini bisa mendaftar Kartu Prakerja

Karena tidak lagi menjadi program semi-bansos, penerima bantuan pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan lainnya.



3.  Nilai Manfaat yang Lebih Besar


Pendaftaran Prakerja Gelombang 48 Dibuka

 

4. Opsi Pelatihan Luring dan Campuran

Pendaftaran Prakerja Gelombang 48 Dibuka

5. Pelatihan Tidak berbentuk Online 

Pada skema normal tahun ini, pelatihan berwujud webinar langsung, artinya tidak cuma menonton video-video pelatihan seperti yang pernah dilaksanakan tahun sebelumnya.

6. Standar minimal waktu pelatihan bertambah

Standar waktu pelatihan menjadi lebih panjang untuk memastikan ilmu yang didapat penerima manfaat prakerja betul- betul menyeluruh dan semakin berkualitas

Nah demikian cukup sekilas tentang prakerja ya, selengkapnya bisa kamu cari disitus resmi prakerja atau bertanya-tanya pada teman yang sudah pernah ikut pelatihan prakerja.

 

Link copied to clipboard.