SIM PKB, Cek Jadwal & Lokasi Pretes PPGJ

login SIM PKB di https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login untuk mengecek jadwal serta lokasi pretes atau seleksi akademik PPGJ 2019 cetak surat pengantar pretes ppgj

Awal Oktober lalu telah dibuka pendaftaran pretest PPGJ tahun 2019 lewat akun SIM PKB masing-masing guru. Setelah guru melakukan pendaftaran pretes tersebut maka selanjutnya pihak LPMP propinsi melakukan verifikasi data. Apakah ajuan pretes guru yang bersangkutan diterima atau ditolak. Penerimaan atau penolakan tersebut tentunya berdasarkan data serta file yang diunggah guru sebagai persyaratan awal mengikuti pretest atau seleksi akademik PPGJ.

Jika data guru berupa status kepegawaian, TMT mengajar, memiliki NUPTK yang tertera bercentang hijau maka guru berhak mengajukan usulan untuk mengikuti pretes yang diikuti syarat yakni guru mengunggah file berupa SK 2 tahun terakhir mengajar serta SK awal mengajar sesuai TMT yang tertera. Jika ada kesalahan unggah, guru masih diberi kesempatan untuk memperbaiki unggahan data yang sesuai. Jika unggahan berkas masih tidak memenuhi syarat maka LPMP akan menolak ajuan untuk mengikuti pretest.

Guru yang sudah diterima ajuan pretesnya maka akan ketahuan dan diperintahkan untuk secara berkala mengecek SIM PKB. Hal ini tujuannya agar guru bisa melihat jadwal dan lokasi seleksi akademik PPGJ. Sesuai pengalaman tahun lalu untuk mengecek lokasi dan jadwal pretes bisa dilakukan setelah batas akhir pendaftaran serta batas waktu verifikasi oleh LPMP selesai.



Apa dan Bagaimana Pretes PPGJ?

Pretes atau Seleksi akademik PPGJ merupakan seleksi awal penentuan peserta yang berhak mengikuti sertifikasi guru atau Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan. Jika guru pernah mengikuti UKG maka caranya seperti itu, tidak jauh berbeda. Guru mengerjakan soal pretes dan diberikan batas waktu untuk menyelesaikan soal.

Disebutkan diatas bahwa pretes merupakan tahap awal seleksi penentuan peserta PPGJ, yang kemungkinan besar pretes tahun 2019 ini digunakan sebagai acuan atau plotting peserta PPGJ tahun 2020. Seperti ujian CPNS atau nilai raport di sekolah, tentu ada batas nilai minimal jika ingin lolos. Ya anggap saja seperti nilai KKM. Misalnya nilai minimal pretes adalah 60, maka kita wajib memiliki nilai pretes diatas 60 atau sama dengan 60 agar bisa ikut PPGJ.
Selain nilai minimal pretest tentunya ada persyaratan lain yang harus dipenuhi untuk ikut PPGJ.

Setelah dinyatakan lulus pretes dengan nilai memenuhi standar tersebut, selanjutnya guru menunggu panggilan PPGJ yang biasanya akan diumumkan lewat situs sergur.id atau sertifikasiguru.kemdikbud.go.id atau bisa juga diumumkan juga oleh dinas pendidikan masing-masing.  Demikian sekilas tentang apa itu pretes PPGJ.

Login SIM PKB cek Jadwal dan lokasi Pretes PPGJ

SIM PKB login https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login

Untuk login ke SIM PKB, silakan Bapak Ibu guru menuju tautan resmi SIM PKB. Bukan lagi di di alamat app.simpkb.id namun sudah berpindah ke laman
https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id atau langsung ke link https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login

Caranya saya yakin Bapak Ibu sudah paham karena sudah pernah melakukannya bahkan berkali-kali masuk ke SIM PKB. Silakan masukkan username email SIM PKB dan password/kata sandi SIM PKB. Lalu Klik login. Selesai, silakan guru membuka pengumuman mengenai jadwal dan lokasi tes tersebut.


Bagi guru yang mencari SIM PKB lewat Google mungkin akan bertemu laman
https://app-demo.simpkb.id/ jadi jangan coba masuk ke laman tersebut, karena alamat tersebut digunakan oleh admin kabupaten/kota/ admin LPMP untuk pembelajaran mengelola akun SIM PKB.
Tampilan loginnya sama, tapi saat mencoba login tidak akan bisa. Jadi alamat SIM PKB untuk guru yang benar adalah di https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login

jadwal tanggal pretes PPGJ 2019


Cetak Surat Pengantar Pretes



Pengalaman tahun 2018, selain tertera jadwal (sesi) dan tanggal pretes, juga terdapat opsi untuk mencetak surat pengantar pretes. Lihat gambar di atas, klik pengantar, maka otomatis terunduh file pdf berupa jadwal pretes serta surat pengantar pretest PPGJ.

pengantar pretes
pengantar pretes
Demikian tadi jadi untuk mengetahui jadwal pretes PPGJ maka bisa dicek lewat akun SIM PKB masing-masing guru.
Link copied to clipboard.