Hari Guru dan HUT PGRI, 100.000 Guru Akan Berkumpul di GBK


Ketua Umum PB PGRI Sulistiyo mengatakan dalam merayakan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT ke-70 PGRI yang jatuh pada 25 November, sebanyak 100.000 guru se-Tanah Air akan berkumpul di Gelora Bung Karno (GBK) untuk menjalankan sejumlah kegiatan.

"Peringatan HUT ke-70 PGRI dan Hari Guru Nasional 2015 akan diisi dengan sejumlah kegiatan yang akan diikuti oleh seluruh ranting guru dari daerah hingga pusat," katanya di Gedung PGRI Jakarta, Selasa (16/11).

Sulis menambahkan, HUT PGRI dan HGN ini bertemakan Memantapkan Soliditas dan Solidaritas PGRI sebagai Organisasi Profesi Guru yang Kuat dan Bermartabat.

Sejumlah kegiatan akan dilaksanakan pada November dan berakhir pada acara puncak 13 Desember 2015. Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut antara lain, pertama, upacara peringatan HUT ke-70 PGRI dan HGN tahun 2015 dilaksanakan serentak tanggal 25 November 2015 atau disesuaikan dengan kondisi daerah setempat.
Hari Guru
Kedua, acara puncak peringatan HUT ke-70 PGRI dan HGN tahun 2015 Tingkat Nasional yang direncanakan akan dihadiri oleh Presiden diselenggarakan pada Minggu, (13 /12) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta yang akan dihadiri 100.000 guru dan tenaga kependidikan dari seluruh Indonesia.

Ketiga, melakukan ziarah ke Makam Pahlawan atau ziarah ke Makam Tokoh Pendidikan dan PGRI tingkat nasional pada  tanggal 24  November. Keempat, gerak jalan sehat dan bakti sosial yang dilaksanakan pada tanggal 22 November.

Kelima, kegiatan olahraga Porseni yang dilaksanakan di berbagai daerah. Keenam , diskusi publik dan seminar.
Ketujuh, talkshow di TV Nasional dan Swasta dan Konsolidasi Organisasi serta melakukan kampanye pendidikan bermutu untuk semua melalui berbagai kegiatan.

"Masih banyak kegiatan yang akan kita jalankan,"ujarnya.

Sulis mengatakan, peringatan Hari Guru Nasional (HGN) telah dilaksanakan sejak 1994 sesuai Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 tentang Penetapan Hari Guru Nasional tanggal 25 November 1994 sama dengan hari lahir PGRI, sehingga pemerintah bersama PGRI melakukan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI secara bersama-sama yang biasanya dihadiri oleh Presiden atau Wakil Presiden, para menteri, dan pejabat negara lainnya.
Link copied to clipboard.