Soal UTN SD Kelas Atas: Perancangan Pembelajaran yang Mendidik

Latihan UKG SD Kelas Atas Profesional: Penerapan Nilai, Norma dan Moral Pancasila Latihan Soal UKG/UTN SD kelas atas Pedagogik: Perancangan Pembelajaran yang Mendidik


Latihan Soal UKG/UTN SD kelas atas Pedagogik: Perancangan Pembelajaran yang Mendidik

1. Fungsi utama indikator adalah untuk  ... .
A. menentukan materi pokok
B. merumuskan bentuk dan jenis penilaian
C. merumuskan tujuan pembelajaran
D. menentukan media dan sumber belajar

2. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah ... .
A. memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan 
B. sesuai dengan herarki konsep materi pembelajaran
C. menunjukkan kegiatan siswa dan materi
D. jawaban a, b, dan c benar      
Soal UTN SD Kelas Atas: Perancangan Pembelajaran yang Mendidik
Soal UTN SD Kelas Atas: Perancangan Pembelajaran yang Mendidik

3. Rumusan tujuan pembelajaran  menggambarkan ... .
A. proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
B. hasil proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
C. indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
D. proses dan hasil belajar belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar

4. Kegunaan RPP adalah sebagai pedoman bagi guru untuk ... .
A. mengelola interaksi pembelajaran
B. melakukan penilaian hasil belajar siswa
C. memberdayaka sumber belajar
D. melaksanakan pembelajaran di kelas

5. Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan butir instrumen hasil belajar adalah ... .
A. mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif
B. membuat indikator soal
C. menentukan kompetensi atau indikator  yang hendak diukur
D. diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa


6. Banyak variasi dalam mendefinisikan media tetapi ada persamaan pengertian, yaitu ... .
A. perantara guru
B. penyalur pesan
C. pengantar guru dan peserta didik
D. pengantar proses pembelajaran

7. Salah satu manfaat media dalam pembelajaran adalah ... .
A. guru lebih santai karena terbantu
B. pembelajaran dapat bermakna ganda
C. dapat menjadikan pelajaran menjadi lebih luas
D. dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret

8. Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif  termasuk jenis sumber belajar ... .
A. lingkungan (setting)
B. peralatan (device)
C. bahan (material)
D. pesan (message),

9. Perhatikan KD berikut!
KD 3.4. Menggali informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman  Berdasarkan KD tersebut, untuk pemahaman peserta didik rumusan indikator yang tepat adalah....

A. menyebutkan kondisi alam dalam teks dongeng
B. siswa dapat menuliskan ciri-ciri kondisi alam dalam teks dongeng
C. siswa menyebutkan ciria-ciri kondisi alam dengan tepat
D. membaca teks dongeng dengan nyaring

10. Perhatikan KD berikut!
KD. 3.2 Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis  mahluk hidup.
Berdasarkan KD tersebut, bu Deti merumuskan indikator pembelajaran, berikut ini indikator yang tidak sesuai dengan KD tersebut adalah
A. mengidentifikasi jenis-jenis metamorfosis
B. membedakan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
C. mengidentifikasi jenis hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna.
D. mengamati jenis hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna.


Latihan UKG SD Kelas Atas Profesional: Penerapan Nilai, Norma dan Moral Pancasila


1. Ukuran baik dan buruk dalam pandangan moralitas modern juga didasarkan penalaran (rasio), tetapi masih dapat digugurkan oleh…
A. suara hati
B. fakta empiris
C. pendapat para pakar
D. pendapat masyarakat umum

2. Konsep pemikiran tentang moralitas yang bersifat naturalistik adalah.…
A. sesuai dengan hukum alam
B. berkembang secara alamiah
C. sesuai dengan lingkungan alamnya
D. berdasar pengalaman hidup duniawi/alami

3. Contoh perangai atau perbuatan yang melanggar norma agama, norma moral dan sekaligus norma hukum adalah sebagai berikut kecuali...
A. Membuka praktik aborsi
B. Menghina orang yang cacat fisik
C. Suka membeli barang-barang hasil curian
D. Suka berprasangka jelek kepada orang lain

4. Contoh sikap atau perbuatan yang melanggar norma agama dn norma moral tetapi tidak melanggar norma hukum adalah...
A. Mencoba bunuh diri
B. Mencoba melakukan perampokan
C. Meminjam motor orang lain tanpa izin
D. Tidak mengikuti tradisi keagamaan yang berlaku di masyarakat

5. Dilihat dari segi mengikatnya antara nilai dan norma dapat dikemukakan bahwa...
A. Nilai itu lebih mengikat dibanding norma
B. Norma itu lebih mengikat dibanding nilai
C. Nilai dan norma itu sama-sama mengikat
D. Nilai dan norma itu sama-sama tidak mengikat

6. Perbedaan pendapat dapat diselesaikan dengan cara ….
A. konsensus
B. memaksakan kehendak
C. mengikuti perintah atasan
D. mematuhi instruksi pemerintah

7. Dalam demokrasi Pancasila, putusan diambil secara musyawarah berdasarkan ….
A. pemungutan suara
B. suara terbanyak 
C. kata sepakat
D. semangat kekeluargaan

Link copied to clipboard.