Soal UKG SD Kelas Atas: Materi TIK dan PTK

- 12:53 PM
advertise here
Latihan Soal UKG UTN SD Kelas Atas Profesional dan Pedagogik
refleksi Pembelajaran dan Tindak Lanjut Melalui PTK

TIK DAN TINDAKAN REFLEKTIF UNTUK PENGEMBANGAN KEPROFESIAN
Soal UKG SD Kelas Atas: Materi TIK dan PTK



Pilihlah salah satu jawaban dengan teliti dan seksama sehingga menemukan jawaban yang paling benar!
1. Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ….
A. logis
B. sistematis
C. terintegrasi 
D. berkelanjutan

2. Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ….
A. mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat
B. mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
C. menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan
D. mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas

3. Berikut yang merupakan bahan untuk refleksi pembelajaran yang telah  dilaksanakan adalah ….
A. catatan harian pembelajaran
B. format penilaian yang digunakan 
C. model RPP yang dibuat di KKG
D. jurnal penelitian yang tentang diagnosis kesulitan belajar siswa

4. Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru,  kecuali …
A. mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa
B. membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya
C. mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
D. mengembangkan kesadaran guru tentang perpektif, keyakinan, dan nilai-nilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik

5. PTK adalah penelitian tindakan ….
A. yang dilakukan oleh guru ditujukan untuk meningkatkan situasi pembelajaran
B. yang dilakukan untuk memperolah gambaran nyata pembelajaran yang dilaksanakan
C. yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran  untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
D. yang dilakukan secara kolaboratif oleh partisipan untuk memperbaiki pemahaman dari pelaksanaan pekerjaannya sendiri

6. Tujuan  PTK adalah ….
A. mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran
B. melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas
C. mendiagnosis kesulitan belajar siswa
D. mendiskripsikan upaya memperbaiki proses belajar mengajar

7. Bagian Pendahuluan secara urut terdiri dari ….
A. latar belakang masalah, rumusan masalah, seting penilitian, definisi operasional
B. latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kerangka pikir
C. latar belakang masalh, rumusan masalah, manfaat, pembiayaan
D. latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, definisi operasional

8. Kajian Pustaka memuat ….
A. landasan teori, kajian pustaka, penelitian yang relevan, hipotesis
B. landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis
C. landasan pikir, penelitian yang relevan, kerangka teori, hipotesis
D. landasan teori, peneilitian yang relevan, hipotesis, kerangka teori

9. Metode Penelitian memuat ….
A. prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
B. prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
C. prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan  siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
D. prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan  siklus, teknik pengolahan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan

10. Dibawah ini merupakan pernyataan hipotesis yang sesuai dengan PTK ….
A. Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI  lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SD Karangkobar 
B. Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI  mengalami peningkatan hasil bealajar siswa kelas V SD Karangkobar dibandingkan pembelajaran konvesional
C. Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Karangkobar
D. Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI  dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Karangkobar.

1. Kegiatan refleksi yang dapat dilakukan guru atas kinerjanya antara lain adalah ….
A. merancang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan kontekstual
B. memberi pengarahan kepada siswa untuk belajar lebih baik pada saat pembelajaran berlangsung
C. mencermati kembali kesesuaian praktik pembelajaran yang ia lakukan di kelas dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun
D. mereview kembali tugas-tugas yang diemban guru dalam mencerdaskan siswa-siswanya

2. Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ….
A. mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat
B. mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
C. menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan
D. mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas
yang ia berikan di kelas


3. Berikut yang merupakan bahan untuk refleksi pembelajaran yang telah
dilaksanakan adalah ….
A. catatan harian pembelajaran
B. format penilaian yang digunakan
C. model RPP yang dibuat di KKG
D. jurnal penelitian yang tentang diagnosis kesulitan belajar siswa

4. Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru,  kecuali …
A. mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa
B. membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya 
C. mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
D. mengembangkan kesadaran guru tentang perspektif, keyakinan, dan nilai nilai yang dapat mendorong
siswa belajar lebih baik

5. Bentuk tindak lanjut yang dapat dilakukan sebagai hasil refleksi atas kinerja
seorang guru antara lain adalah ….
A. melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar siswa
B. membuat catatan harian selama pembelajaran
C. membuat jurnal reflektif
D. merevisi  RPP

6. PTK adalah penelitian tindakan ….
A. yang dilakukan oleh guru ditujukan untuk meningkatkan situasi pembelajaran
B. yang dilakukan untuk memperolah gambaran nyata pembelajaran yang dilaksanakan
C. yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
D. yang dilakukan secara kolaboratif oleh partisipan untuk memperbaiki pemahaman dari pelaksanaan pekerjaannya sendiri

7. Tujuan  PTK adalah ….
A. mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran
B. melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas
C. mendiagnosis kesulitan belajar siswa
D. mendiskripsikan upaya memperbaiki proses belajar mengajar

8. Berikut ini yang bukan merupakan karakteristik PTK adalah ….
A. bersifat situasional
B. dilaksanaan untuk digeneralisasikan
C. dirancang untuk mengatasi masalah nyata di kelas
D. dilakukan dengan pengendalian variabel penelitian secara alamiah

9. Berikut ini yang paling cocok sebagai judul penelitian tindakan kelas adalah ….
A. Diagnosis kesulitan belajar siswa di kelas VI SD Ennanta
B. Efektifitas pemanfaaan Alat Peraga dalam pembelajaran di kelas III SD  Ennanta
C. Studi tentang penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBL) dalam  pembelajaran di kelas V SD Ennanta
D. Upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas IV SD Ennanta melalui pemanfaatan TIK dalam pembelajaran

10. Yang dimaksudkan dengan tindakan dalam PTK adalah ….
A. perlakuan baru dalam pembelajaran yang diterapkan pada penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
B. pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan rencana yang telah tertuang dalam proposal PTK
C. perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, pengamatan, dan refleksi selama  penelitian
D. model pembelajaran yang dilaksanakan dalam rangka memperbaiki  pembelajaran di kelas

11. Kriteria dalam menentukan masalah seperti dibawah ini, kecuali ....
A. masalahnya harus penting bagi orang yang mengajukan masalah dan sekaligus signifikan.
B. masalah yang diajukan hendaknya dalam jangkauan penanganan
C. pernyataan harus mengungkapkan beberapa dimensi fundamental
D. pernyataan harus mengungkapkan beberapa tori yang akan digunakan

12. Berikut adalah bagian yang harus ada dalam latar belakang suatu proposal PTK, kecuali ….
A. dukungan hasil-hasil penelitian terdahulu
B. uraian fokus penelitian (masalah riil yang terjadi di kelas)
C. faktor-faktor (perilaku yang tampak) dari pengamatan guru yang mendukung permasalahan
D. uraian tindakan yang dipilih untuk upaya perbaikan dan alasan yang mendasari pemilihan tindakan

13. Berikut adalah muatan yang seharusnya ada pada bagian pembahasan laporan PTK, kecuali ….
A. Pembahasan tentang pelaksanaan pembelajaran
B. Pembahasan tentang perluasan/generalisasi hasil penelitian
C. Pembahasan secara analisis data hasil penelitian 
D. Pembahasan tentang hasil penelitian

15. Untuk melihat kembali email yang sudah kita tulis, tetapi belum dikirim pada bagian ....
A. Inbox
B. Outbox
C. Draft
D. Sent

16. Berikut dapat dibagikan dengan menggunakan Google Drive, kecuali ....
A. File
B. Folder
C. Photo
D. Video

17. Aplikasi Google untuk mencari sumber-sumber khusus gambar adalah....
A. Goolge Photo
B. Google Images
C. Youtube
D. Google Drive

18. Untuk mencari hasil pencarian dengan kriteria lebih spesifik maka dengan menggunakan....
A. Setting
B. Scholar
C. Books
D. Advanced Search

19. Salah satu situs pengunduh video adalah....
A. http://googleplay.com
B. http://googleimages.com
C. http://keepvid.com
D. http://youtube.com

20. Berikut ini merupakan sumber referensi yang dapat dijadikan rujukan
penulisan karya tulis ilmiah, kecuali....
A. situs pendidikan (.co.id)
B. blogpribadi
C. situs pemerintahan (.go.id)
D. jurnal online


DOWNLOAD SOAL LAINNYA DI BAWAH INI
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search