Soal UKG Pedagogik SD Kelas Atas: Karakteristik & Pengembangan Potensi Peserta Didik

Soal UKG Pedagogik SD Kelas Atas: Karakteristik & Pengembangan Potensi Peserta Didik


Berikut contoh soal Uji Kompetensi Guru / Ujian Tulis Nasional yang membahas Karakteristik & Pengembangan Potensi Peserta Didik yang bisa dipelajari dalam rangka persiapan UKG maupun UTN
contoh soal uji kompetensi guru UKG UTN sd kelas atas
contoh soal uji kompetensi guru UKG UTN

1. Untuk membantu peserta didik mencapai target pembelajaran,  pada
umumnya  guru mengajarkan  materi pelajaran dari yang sederhana dahulu
kemudian materi yang kompleks, memberikan soal dari yang mudah dahulu
kemudian soal yang sulit.. Hal itu itu antara lain merupakan implikasi
pendidikan dari prinsip atau hukum perkembangan yaitu...
A. perkembangan berlangsung secara bertahap
B. perkembangan berlangsung sesuai iramanya
C. perkembangan dapat dipercepat melalui proses belajar
D. perkembangan awalnya diferensiasi akhirnya integrasi

2. Anak usia sekolah dasar berada pada tahap perekembangan kognitif
operasional konkret. Menurut teori Piaget , salah satu kemampuan anak yang
penting pada tahap ini adalah mampu mengurutkan benda dari yang
terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan kognitif ini termasuk
kemampuan...
A. konservasi
B. klasifikasi
C. akomodasi
D. asimilasi

3. Bu Wati sedang melakukan identifikasi masalah kesulitan belajar beberapa
peserta didik yang menjadi siswa asuhnya. Untuk mengidentifikasi
karakteristik atau ruang lingkup materi yang mengalami kesulitan belajar,
maka yang harus Ibu Wati lakukan adalah ...
A. membandingkan prestasi belajar dengan
B. membandingkan prestasi belajar dengan rata-rata
C. menganalisis lembar jawab ulangan peserta didik
D. mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar

4. Giska termasuk anak yang cepat belajar. Prestasi belajarnya hampir pada
semua bidang studi di atas KKM, namun  Gina  sering mendapat nilai di bawah
KKM  pada bidang studi menggambar, keterampilan, dan materi pelajaran
menulis. Berdasarkan identifikasi faktor penyebab, kesulitan belajar Gina
diduga disebabkan oleh...
A. kemampuan motorik halusnya belum berkembang dengan baik
B. tingkat kecerdasan di bawah rata-rata
C. sikap negatif terhadap keterampilan dan menggambar
D. kurangnya menyukai mata pelajaran bahasa 

5. Pak Tino akan mengembangkan kreativitas dengan meningkatkan
kemampuan berpikir divergen . Beliau memberikan sebuah masalah “apa yang
akan kamu lakukan kalau minyak bumi sudah tidak ada lagi di muka bumi ”
Peserta didik diminta menuliskan beberapa alternatif jawaban. Yang harus
menjadi fokus perhatian Pak Sugih adalah...
A.  banyaknya alternatif jawaban
B.  jawaban yang paling berkualitas
C.  jawaban yang paling tepat
D.  jawaban  yang paling ilmiah

6. Bu Emi memiliki kepedulian terhadap pengembangan potensi siswanya  .
Pada saat menemukan siswa  yang prestasinya  lebih rendah dari tingkat
kecerdasannya   (underachievers). Salah satu upaya terbaik yang perlu
dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajarnya adalah...
A. memberikan tugas berupa latihan soal dan rangkuman
B. memberikan penjelasan manfaat materi yang dipelajari di awal pembelajaran
C. meningkatkan minat dan motivasi belajar serta melatih keterampilan belajar
D. disarankan untuk berkonsultasi kepada konselor pendidikan

7. Individu  belum melakukan internalissi nilai-nilai moral. Penalaran
moralnya  dikendalikan oleh faktor eksternal berupa hukuman dan hadiah..
Menurut teori perkembangan moral dari Kohlberg  penalaran  moral
individu tersebut berada pada tingkat...
A. konvensional
B. prakonvensional
C. pascakonvensiona;
D. praoperasional

8. Haris menunjukkan gejala-gejala  perilaku yang cepat  marah, mudah
tersinggung, dan agresif, serta tidak sabaran, sehingga kurang disukai oleh
teman-temannya. Dalam hubungan sosial dengan teman-temannya Haris
cenderung menjadi anak yang...
A. ditolak
B. diabaikan
C. kontroversi
D. dijauhi

9. Ketika mendapat berita  bahwa di desa tetangga terjadi  bencana alam tanah
longsor, banyak warga yang kehilangan tempat tinggal. Santi merasa
prihatin dan memiliki ide  menggalang dana untuk korban bencana alam. Ide
Santi di terima dan ditindaklanjuti oleh pihak sekolah. Sikap prososial
Santi mencerminkan aspek kecerdasan emosi yaitu...
A. simpati
B. empati
C. identifikasi
D. sosialisasi

10. Pemahaman mengenai Tuhan pada masa usia sekolah dasar harus dijelaskan
secara rasional yang  dikaitkan dengan pengalaman kehidupannya  sehari-hari
dan contoh-contoh konkret yang bersumber pada indikator alam semesta
sebagai perwujudan dari keberadaan dan keagungan-Nya.
Hal ini karena bahwa perkembangan penghayatan keagamaan seiring dengan tahapan perkembangan...

A. afektif
B. emosi
C. konatif
D. kognitif
Link copied to clipboard.